Abdul Chalel Rahman, Mahasiswa Teknik Informatika Unram Terpilih Mengikuti Program Huawei Seeds for the Future 2016 di Beijing, China

acr1

Abdul Chalel Rahman atau biasa disapa Chalel merupakan mahasiswa Teknik Informatika Unram angkatan 2013 tak menyangka jika dirinya terpilih mengikuti program pendidikan dan pelatihan singkat selama 2 minggu yang dilakukan oleh PT Huawei Tech Investment ke kampus Huawei di China. Kegiatan ini merupakan bagian dari program CSR global Seeds for the Future yang diprakarsai oleh Huawei dan sudah diadakan sejak tahun 2011.

Selama dua pekan, mulai 8  – 22 Oktober 2016, Chalel mengikuti langsung proses produksi perangkat terbaru, mempelajari budaya China, belajar bahasa mandarin, dan pertukaran ide dengan mahasiswa lokal. Namun tidak hanya Chalel yang ikut dalam pelatihan ini, beberapa mahasiswa di 10 universitas di Indonesia turut serta.

Program yang berlangsung selama dua minggu ini terbagi menjadi dua tahap kegiatan. Di minggu pertama, para mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mempelajari budaya Tiongkok termasuk mengikuti pelatihan dasar Bahasa mandarin, kaligrafi, melukis, serta sesi pertukaran ide dengan murid lokal. Kemudian pada minggu kedua, para mahasiswa mengikuti pelatihan mengenai inovasi teknologi terbaru di Kantor Pusat Huawei. Tidak hanya itu saja, mereka juga mendapat kesempatan untuk mengunjungi pabrik Huawei dan melihat secara langsung proses produksi perangkat terbaru melalui kegiatan di demo room milik Huawei.

Secara umum, program pendidikan dan pelatihan singkat ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa terbaik untuk melihat secara langsung proses operasional dan inovasi Huawei sebagai perusahaan teknologi global.

Abdul Chalel Rahman, mahasiswa Teknik Informatika Unram yang terpilih mengikuti Huawei Seeds for the Future Program tahun 2016

Abdul Chalel Rahman, mahasiswa Teknik Informatika Unram yang terpilih mengikuti Huawei Seeds for the Future Program tahun 2016

Sebanyak 15 mahasiswa terbaik dari Indonesia diseleksi dari pelatihan Huawei Certified Network Associate (HCNA). Pelatihan HCNA ini merupakan bagian dari CSR Student Training Certification dari Huawei yang diikuti 250 mahasiswa.

Mereka berasal dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Brawijaya (UB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Telkom University (Tel U), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Mataram (UNRAM) dan Institut Teknologi DEL (IT DEL).

Comments are closed.