Info Praktik Kerja Lapangan (PKL)

Bagi mahasiswa yang ingin melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) diharapkan membaca buku pedoman terlebih dahulu. Unduh Buku Pedoman PKL

SYARAT PKL

Mahasiswa diperbolehkan mengambil mata kuliah PKL apabila telah memenuhi syarat berikut:

  1. Mahasiswa sudah lulus minimal 90 SKS dengan IPK minimal 2,75 atau
  2. Mahasiswa sudah lulus minimal 95 SKS dengan IPK minimal 2,50.

Mahasiswa diperbolehkan mengisi KRS dengan mata kuliah Praktik Kerja Lapangan pada semester yang sama dengan waktu pelaksanaan PKL, atau selambat-lambatnya 1 (satu) semester setelah PKL selesai dilaksanakan. Jika mahasiswa telah mengisi KRS untuk mata kuliah PKL di suatu semester tetapi mahasiswa tersebut tidak berhasil memperoleh atau menyelesaikan PKL di suatu lokasi di akhir semester tersebut, maka nilai mata kuliah PKL mahasiswa yang bersangkutan di semester tersebut secara otomatis menjadi E.

WAKTU PELAKSANAAN

Waktu pelaksanaan PKL adalah 4-8 minggu. Pelaksanaan PKL di lapangan minimal dilakukan dalam kurun waktu 4 minggu, sisa waktu pelaksanaan PKL dapat digunakan untuk pembuatan laporan akhir PKL.

TEMPAT PELAKSANAAN

PKL dapat dilaksanakan pada perusahaan/lembaga swasta, instansi/lembaga pemerintah atau pada unit kerja yang berada di lingkungan Universitas Mataram dengan syarat mahasiswa wajib menghasilkan produk di bidang teknologi informasi.

PENGAJUAN PKL

Pengajuan PKL ini bertujuan untuk mendapatkan Surat Permohonan Tempat PKL ke instansi/perusahaan dan juga penentuan topik PKL yang dikonsultasikan dengan dosen pembimbing PKL. Prosedur pengajuan PKL adalah sebagai berikut :

  1. Mahasiswa mencari referensi instansi/perusahaan tempat pelaksanaan PKL. Jika dibutuhkan surat pengantar survey lokasi, akan disediakan oleh program studi.
  2. Jika sudah menemukan tujuan instansi/perusahaan tempat PKL, mahasiswa mengisi formulir pendaftaran PKL di program studi dan akan memperoleh Surat Permohonan Tempat PKL dari Fakultas Teknik. Mekanisme pengiriman surat dapat disesuaikan dengan kebutuhan (dapat dikirim oleh pihak fakultas atau oleh mahasiswa yang bersangkutan).
  3. Berdasarkan surat permohonan pada poin (2), instansi/perusahaan akan mengirimkan balasan ke fakultas.
  4. Apabila disetujui, salinan surat balasan dari instansi/perusahaan akan diteruskan ke pihak program studi.
  5. Pihak program studi akan melakukan penunjukan Dosen Pembimbing, memberikan Lembar Konsultasi PKL untuk mencatat aktivitas ketika berkonsultasi dengan Dosen Pembimbing dan Lembar Log Harian untuk mencatat aktivitas harian yang dilakukan di tempat PKL.
  6. Topik PKL dikonsultasikan dengan Dosen Pembimbing sebelum melakukan aktivitas PKL di instansi/perusahaan. Pelaksanaan PKL seorang mahasiswa di suatu lokasi hanya dianggap sah apabila mahasiswa telah memperoleh persetujuan dosen pembimbing PKL perihal topik PKL yang boleh dikerjakan di lokasi tersebut. Oleh karena itu, mahasiswa diwajibkan berdiskusi dengan dosen pembimbing PKL perihal topik PKL sebelum PKL dilaksanakan.
  7. Batas waktu pengajuan topik PKL adalah 1 (satu) minggu setelah PKL dimulai.
  8. Topik PKL yang sudah diterima kemudian dikoordinasikan dengan pembimbing lapangan di instansi tempat PKL.

PENILAIAN

Penilaian PKL dimaksudkan untuk menilai sejauh mana mahasiswa menerapkan pengetahuan akademik dan softskill yang dimilikinya di tempat kerja yang sebenarnya. Penilaian PKL dilakukan oleh pembimbing PKL dan pembimbing lapangan dengan bobot nilai masing-masing adalah 40% dan 60%. Uraian aspek penilaian dapat dilihat di formulir penilaian.

SEMINAR HASIL PKL

Mahasiswa yang telah menyelesaikan PKL dapat mengajukan permohonan pelaksanaan seminar hasil PKL dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Laporan akhir PKL sudah disetujui oleh Dosen Pembimbing.
  2. Mahasiswa berkonsultasi dengan Dosen Pembimbing mengenai waktu pelaksanaan seminar hasil.
  3. Mahasiswa mengusulkan waktu pelaksanaan seminar ke Prodi sesuai dengan kesepakatan dengan Dosen Pembimbing.
  4. Mahasiswa yang akan melakukan seminar hasil PKL menghadirkan minimal 20 orang mahasiswa yang berasal dari Fakultas Teknik.
  5. Pada saat seminar hasil,
    1. Mahasiswa menggunakan kemeja putih lengan panjang, celana panjang berwarna hitam (bukan dari bahan jeans), jas almamater, dan sepatu pantofel berwarna hitam.
    2. Mahasiswi menggunakan kemeja putih lengan panjang, rok dengan panjang di bawah lutut atau celana panjang berwarna hitam (bukan dari bahan jeans), jas almamater, dan sepatu pantofel berwarna hitam.
  6. Seminar hasil PKL dilaksanakan maksimal selama 100 menit dengan waktu presentasi maksimal selama 40 menit.
  7. Batas waktu penyerahan revisi laporan PKL setelah seminar hasil PKL dinyatakan lulus adalah maksimum 3 (tiga) minggu.
  8. Laporan PKL dijilid buku rangkap 5 (lima). Adapun distribusi laporan PKL adalah sebagai berikut :
    1. Pembimbing Lapangan
    2. Dosen Pembimbing
    3. Perpustakaan
    4. Program Studi
    5. Arsip mahasiswa itu sendiri.

Comments are closed.