Info Praktikum

Program Studi Teknik Informatika setiap semesternya menyelenggarakan praktikum disesuaikan dengan muatan Kurikulum yang berlaku. Praktikum diselenggarakan sesuai dengan ketentuan Pedoman Akademik Program Studi Teknik Informatika yang berlaku saat ini, yaitu Mata Kuliah yang memiliki praktikum. Praktikum diselenggaraan di laboratorium per minggu selama satu semester sesuai dengan Mata Kuliahnya. Setiap mahasiswa dapat mengikuti pelaksanaan praktikum apabila telah memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  1. Terdaftar sebagai mahasiswa pada Tahun Akademik yang sedang berjalan.
  2. Telah mengambil matakuliah prasyarat praktikum yang akan ditempuh.
  3. Menghadiri Technical Meeting yang diadakan sebelum praktikum.
  4. Memahami dan melaksanakan semua aturan/ ketentuan yang diberlakukan oleh Prodi Teknik Informatika.

PENJARINGAN ASISTEN PRAKTIKUM

  1. Penjaringan Asisten Praktikum dilakukan di awal semester praktikum berlangsung, dengan dikoordinir oleh Kepala Laboratorium dan dibantu oleh laboran serta Asisten laboratorium tempat praktikum berlangsung.
  2. Dosen Pengampu berkoordinasi dengan kepala laboratorium untuk penjaringan asisten.
  3. Dosen pengampu dapat memberikan rekomendasi daftar asisten praktikum mata kuliah yang diampu.
  4. Syarat Asisten praktikum :
  5. Menguasai bidang ilmu sesuai dengan praktikumnya.
  6. Memiliki nilai MK minimal B untuk MK Praktikum yang akan diadakan.
  7. Dinyatakan Lulus tes rekruitasi asisten (jenis tes bisa tulis atau wawancara sesuai kebutuhan).

RINCIAN TEKNIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM

  1. Rincian kegiatan selama praktikum berlangsung :
    1. Asisten memberikan Tugas Pendahuluan (TP) paling lambat 3 hari sebelum pekan pelaksanaan praktikum, yang kemudian dikumpulkan pada hari pertama di pekan praktikum.
    2. Praktikan menandatangani daftar hadir praktikum yang disediakan oleh asisten. Praktikan dapat mengikuti praktikum dengan syarat mengumpulkan TP.
    3. Praktikan diberikan tes awal 15 menit pertama yang langsung dinilai oleh asisten praktikum.
    4. Asisten menjelaskan materi praktikum beserta jurnal/latihan untuk materi modul praktikum selama 70 menit (Asisten membimbing praktikan)
    5. Asisten memberikan ujian berupa tes akhir pada 15 menit terakhir yang langsung dikumpulkan oleh praktikan agar bisa dinilai oleh asisten.
    6. Setiap peserta praktikum wajib melakukan bimbingan/ asistensi penyusunan laporan untuk mendapatkan persetujuan laporan praktikum maksimum satu minggu setelah pelaksanaan praktikum.
    7. Keterlambatan persetujuan laporan praktikum dikenai sangsi akademik berupa peserta tidak diperkenankan untuk mengikuti praktikum berikutnya, dan praktikum dianggap batal.
  2. Setiap melakukan bimbingan/asistensi, peserta wajib menunjukkan lember asistensi dan laporan praktikum yang sudah dikerjakan dan diketik dengan komputer sesuai format yang telah ditentuka.

Comments are closed.