PSTI Unram Menyelenggarakan Workshop Model Pembelajaran Inovatif 2020

Sesuai dengan semangat perkembangan Revolusi Industri 4.0, penggunaan Teknologi Informasi (TI) bukan lagi merupakan kebutuhan yang mewah dan justru telah merambah ke segala segi kehidupan bermasyarakat. Dalam bidang Pendidikan, Program Studi Teknik Informatika (PSTI) Universitas Mataram memiliki peran yang sangat penting untuk mencetak generasi muda yang berkemampuan sebagai ujung tombak perkembangan TI di Indonesia atau NTB secara khusus. Oleh sebab itu, dalam memenuhi perannya tersebut, PSTI perlu berbenah dan meningkatkan kualitas pembelajaran agar proses pembelajaran dapat dilaksanakan secara efektif dan menyenangkan tetapi justru dapat memaksimalkan potensi mahasiswa sehingga proses tersebut lebih dekat dengan bentuk nyata kegiatan di pasar kerja. Sehingga pada awal tahun 2020 ini, PSTI Unram bekerjasama dengan pihak Fakultas Teknik Universitas Mataram mengadakan Workshop Pembelajaran Inovatif yang pertama di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Mataram.

Pemateri workshop ini sebanyak lima orang yang berasal dari dalam dan luar lingkungan Universitas Mataram. Mereka antara lain adalah Dr. Gunawan, M.Pd (Wakil Dekan 1 FKIP Unram), Drs. I Made Sujana, MA (Dosen senior Prodi Bahasa Inggris FKIP Unram), Moh. Aminullah (Penggiat Pendidikan), Dr. Eng. I Gede Putu Wirarama WW, S.T., M.T. (Dosen PSTI FT Unram), dan Ario Yudo Husodo, ST.,MT. (Dosen PSTI FT Unram). Adapun workshop ini dilaksakan selama 2 hari pada tanggal 11 dan 12 Februari 2020. Peserta workshop ini dihadiri oleh dosen-dosen Fakultas Teknik Universitas Mataram.

Materi hari pertama dibagi menjadi beberapa sesi. Sesi ke 1 di isi oleh Bapak Dr. Gunawan, M.Pd yang mengisi materi tentang Model Inovasi Pembelajaran. Pada sesi 1 ini, peserta dibukakan wawasan mengenai model-model Pembelajaran HOTS (High Order Thinking Skill) yang dapat diterapkan dalam perkuliahan. Model pembelajaran HOTS ini antara lain model Pembelajaran Melalui Penyingkapan/Penemuan (Discovery/Inquiry Learning), model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-based Learning/PBL), dan model Pembelajaran Berbasis Projek (Project- based Learning/PJBL).

Pada sesi ke 2 di isi oleh Bapak Drs. I Made Sujana, MA mengisi materi tentang metode Flip Learning. Metode Flip Learning merupakan kebalikan dari kegiatan yang dilakukan oleh Model Traditional Classroom. Pada metode Flip Learning ini, dibagi menjadi dua yaitu In Class dan Out of Class. Pada kegiatan In Class berisi tugas, permasalahan, studi kasus, dan diskusi, sedangkan pada kegiatan Out of Class berisi lecture videos dan content delivery.

Pada sesi ke 3 di isi oleh Bapak Moh. Aminullah yang mengisi tentang simulasi metode pembelajaran. Simulasi ini dilakukan oleh setiap orang dan per kelompok dari peserta yang hadir. Tujuan dari simulasi ini adalah diharapkan setiap peserta dapat aktif dan mampu menjelaskan tugas kelompok ke kelompok lain secara mandiri dan cepat.

Pada hari ke dua untuk sesi ke 4 dan ke 6 di isi oleh Bapak Dr. Eng. I Gede Putu Wirarama WW, S.T., M.T.. Pada sesi ke 4 diberikan materi tentang Blended Learning. Blended Learning merupakan pengembangan pembelajaran untuk menyempurnakan metode E-Learning. E-Learning dan Blended Learning dapat menjadi solusi mengatasi masalah pendidikan di Indonesia dalam hal perataan pendidikan di Indonesia. Metode ini memberikan proses belajar mengajar pada suatu sistem yang dapat melakukan proses secara dua arah. Pada sesi ke 6 diberikan materi penggunaan LATEX, Lyx, dan lainnya dalam mendukung kemudahan seseorang dalam menulis jurnal internasional sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Pada sesi ke 5 di isi oleh Bapak Ario Yudo Husodo, ST.,MT. tentang Metode Fun Learning dan Dinamika Kelompok. Pada sesi ini, peserta diajarakan trik-trik yang harus dilakukan dalam menghadapi perilaku mahasiswa yang berbeda-beda saat perkuliahan berjalan sehingga perkuliahan tetap dapat dilakukan secara menyenangkan. (MAA)

Dokumentasi Foto Kegiatan :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.