Daftar Tabel LED PSTI

Toggle Section 1 Toggle Section 2
No Nama Tanggung Jawab
1 Muhammad Syamsu Iqbal, ST., MT., Ph.D. (Dekan) Bertanggung jawab dalam penyusunan laporan
2 Prof. Sugiman, ST., M.Sc., Ph.D. (Wakil Dekan I)
  • Mengkoordinir penyusunan laporan evaluasi diri UPPS
  • Membuat analisis dan penetapan program pengembangan UPPS dan prodi
3 I Kade Wiratama, ST., M.Sc., Ph.D. (Wakil II) Memberikan masukan tentang keadaan UPPS terkait administrasi dan keuangan
4 Agustono Setiawan, ST., M.Sc. (Wakil Dekan III) Memberikan masukan tentang keadaan UPPS terkait kemahasiswaan dan kerjasama UPPS
5 Dra. Tita (Kabag TU) Mengkoordinir dan memberikan layanan terkait sarana dan fasilitas yang dimiliki UPPS
6 Sudi Mariyanto Al Sasongko, ST., MT (Ketua GPM)
  • Memberi masukan terkait standar mutu dan dokumen mutu UPPS
  • Validasi dan sinkronisasi sumber dan isi data/dokumen
7 Royana Afwani, ST., MT. (Ketua UPM)
  • Memberi masukan terkait standar mutu dan dokumen mutu PS
  • Validasi dan sinkronisasi sumber dan isi data/dokumen
8 Prof. Dr.Eng. I Gede Pasek Suta Wijaya, ST., MT. (Ketua PSTI)
  • Mengkoordinir penyusunan laporan evaluasi diri PS
  • Memberi masukan tentang permasalahan dan perkembangan PS
  • Menyusun laporan evaluasi diri terkait kondisi eksternal prodi yang diuraikan secara makro dan mikro terkait peluang dan ancaman
  • Menyusun laporan evaluasi diri terkait dasar penyusunan dan penutup
  • Menyusun laporan evaluasi diri terkait profil unit pengelola program studi (UPPS) dan program studi, dan tim teknis penyusunan LED
  • Membuat analisis dan penetapan program pengembangan UPPS dan prodi
9 Dr. Ario Yudo Husodo, ST., MT (Dosen PSTI) Menyusun laporan evaluasi diri kriteria C.1 – C.4
10 Ida Bagus Ketut Widiartha, ST., MT., Ph.D (Dosen PSTI) Menyusun laporan evaluasi diri kriteria C.5 – C.9

No
Kegiatan
Februari
Maret
April
Mei
Juni
Juli
Agustus
September
1
Penetapan Tim Penyusun LED
2
Penyusunan jadwal
3
Pembagian kerja yang meliputi Pengelola data, analis, dan penjamin mutu
4
Pengumpulan dan analisis data
5
Penulisan LED
6
Sosialisasi untuk menjaring masukan dan memastikan penerimaan stakeholder
7
Submit dokumen Akreditasi

VisiMisiKesesuaian
Universitas MataramMenjadi pusat keunggulan riset dan daya saing global pada tahun 2025Membentang jauh ke depan, merangkul riset berkualitas tinggi, dan pendidikan berstandar internasionalMendukung pencapaian keunggulan akademik dan riset Unram
Fakultas Teknik Universitas MataramMenjadi yang terbaik dalam pendidikan dan pengembangan teknologi berbasis riset dan inovasi yang berdaya saing internasional pada tahun 2025Menghasilkan lulusan yang unggul dengan pengetahuan mendalam, beriman, bertaqwa, berwawasan global.Berperan penting dalam mencapai visi unggulan Unram

Standar Pendidikan Tinggi Unram
Strategi Pencapaian Standar
Sumber Daya
Mekanisme Kontrol
Dosen sebagai Pendidik
a) Dosen memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi pendidik.
  • Memberi kesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang yg lebih tinggi (S3)
  • Memotivasi dosen untuk mengikuti dan seminar -seminar, seperti seminar, workshop, pelatihan Pekerti dan Applied Approach
  • Mendorong dan memfasilitasi dosen untuk mendapatkan sertifikat pendidik dan sertifikat kompetensi sesuai bidang keilmuan
  • Memotivasi dosen untuk menulis buku ajar, modul dan RPS
· Dosen
· Anggaran
Mengontrol pada sistem PD Dikti Laporan Kemajuan perkuliahan untuk dosen studi lanjut S3
b) Dosen program sarjana harus berkualifikasi akademik minimal lulusan magister (S2)
    • Memotivasi dan memberi kesempatan bagi dosen dan tenaga kependidikan untuk melanjutkan pendidikan ke program doktor (S3) melalui program beasiswa
    · Dosen
    · Beasiswa
    · Bantuan Dana internal
    Mengontrol melalui data
    c) Kompetensi dosen dinyatakan dengan sertifikat dosen, dan/atau sertifikat profesi.
    • Mendorong dosen untuk mengikuti sertifikasi dosen dan sertifikat profesi serta Jabatan Fungsional
    Dosen
    Mengontrol melalui sistem sister
    d) Jumlah dosen tetap untuk setiap program studi paling sedikit 5 (enam) orang
    • Jumlah dosen tetap Program Studi Arsitektur sudah memenuhi standar minimal
    Dosen
    Mengontrol melalui data PD Dikti
    e) Nisbah dosen dan mahasiswa
    • Mengevaluasi rasio dosen: mahasiswa di setiap semesternya
    • Melakukan Rekrutmen
    • Dosen
    · Dosen
    · Mahasiswa
    Mengontrol melalui data PD Dikti
    f) Dosen tetap wajib melaksanakan tridharma perguruan tinggi
    Melaksanakan sosialisasi dan pelatihan tentang tridharma PT
    · Dosen
    · Pimpinan
    · LPPM
    Mengontrol pada sistem sister dan Laporan LKD
    Dosen sebagai peneliti
    a) Dosen melakukan penelitian dengan pendanaan oleh Internal maupun eksternal
    1. Penyusunan roadmap penelitian
    2. Penyusunan dan sosialisasi panduan pengabdian kepada masyarakat,
    3. Membentuk kelompok peneliti sesuai dengan keahlian dan konsentrasi ilmu,
    4. Mendorong agar hasil penelitian dapat dipublikasikan pada proceeding, jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi,
    5. Mendorong kerjasama dengan pihak lain dalam kegiatan penelitian
    6. Melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen.
    · Dosen
    · Anggaran
    Mengontrol pada sistem sister dan Laporan LKD
    Dosen sebagai pelaksana PKM
    a) Dosen melakukan PkM dengan pendanaan Internal
    · Penyusunan roadmap (rencana strategis) PkM
    · Penyusunan dan sosialisasi panduan PkM
    · Mendorong Dosen menyusun proposal Pengabdian setiap tahun
    · Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan PkM dosen.
    · Dosen
    · Anggaran
    Mengontrol pada sistem sister dan Laporan LKD
    b) Dosen melaporkan hasil pengabdian kepada masyarakat
    Mendorong Dosen menyusun laporan Pengabdian
    · Dosen
    · Anggaran
    Mengontrol pada sistem sister dan Laporan LKD
    Tenaga Kependidikan
    Kualifikasi terendah adalah diploma 3 (tiga)
    Memberi kesempatan pada tenaga kependidikan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
    · Tenaga kependidikan
    Mengontrol melalui data kepegawaian Universitas
    Tenaga kependidikan harus memiliki kompetensi khusus
    Menyelenggarakan pelatihan secara periodik bagi tenaga kependidikan untuk peningkatan kompetensi yang dibutuhkan
    · Tenaga Kependidikan
    · Anggaran
    Mengontrol melalui data kepegawaian Universitas

    No
    Jabatan Akademik
    Penugasan pada Program Studi
    Jumlah
    MTS
    MTI
    TS
    TE
    TM
    TI
    TA
    1
    Tenaga Pengajar
    0
    0
    2
    0
    2
    1
    2
    7
    2
    Asisten Ahli
    0
    0
    1
    6
    0
    11
    2
    20
    3
    Lektor
    0
    4
    26
    21
    20
    9
    1
    81
    4
    Lektor Kepala
    5
    0
    22
    10
    13
    0
    2
    52
    5
    Guru Besar
    0
    1
    4
    0
    3
    1
    0
    9
    Total
    5
    5
    55
    37
    38
    22
    7
    169

    No
    Penempatan Pegawai
    <=SMA
    Diploma
    S1
    S2
    S3
    Jumlah
    1
    Kabag TU
     
     
    1
     
     
    1
    2
    Subbag Umum dan Sarana Akademik
    14
     
    1
     
     
    15
    3
    Subbag Keuangan dan Kepegawaian
     
     
    3
     
     
    3
    4
    Subbag Akademik
    9
    2
    18
    1
     
    30
    5
    Subbag Alumni dan Kemahasiswaan
    1
     
    1
     
     
    2
     
    Total
    17
    2
    24
    1
     
    51

    No
    Penempatan Pegawai
    Pangkat/Gol
    Jumlah
    I/d
    II/a
    II/b
    II/d
    III/a
    III/b
    III/c
    III/d
    IV/a
    1
    Kabag TU
    1
    1
    2
    Subbag Umum dan Sarana Akademik
    2
    1
    3
    5
    1
    2
    1
    15
    3
    Subbag Keuangan dan Kepegawaian
    1
    2
    3
    4
    Subbag Akademik
    3
    6
    9
    6
    5
    1
    30
    5
    Subbag Alumni dan Kemahasiswaan
    1
    1
    2
    Total
    2
    1
    3
    8
    7
    13
    6
    10
    1
    51

    No.
    Program Studi
    Jenjang
    Nilai
    No. SK
    1
    Teknik Sipil
    S2
    B
    173/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/M/I/2021
    2
    Teknologi Informasi
    S2
    Baik
    2172/SK/BAN-PT/Ak.P/M/VI/2023
    3
    Teknik Sipil
    S1
    B
    1239/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019
    4
    Teknik Elektro
    S1
    B
    265/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/I/2021
    5
    Teknik Mesin
    S1
    B
    5285/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017
    6
    Teknik Informatika
    S1
    B
    1081/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019
    7
    Teknik Arsitektur
    S1
    Baik
    186/SK/BAN-PT/Ak-PKP/S/I/2022

    No
    Indikator
    Capaian
    Bukti
    Keterangan
    1
    Minimal ada kelas yang melaksanakan PBM menggunakan bahasa inggris
    Telah terlaksana PBM berbahasa Inggris 1 Kelas mulai semester ganjil 2022/2023
    SK Mengajar dan SK Kelas Internasional
    2
    Terdapat MOU dengan Mitra Internasional yang ditindak lanjuti
    Telah memiliki 2 MoU dengan Kumamoto University (KU) dan Seoul National University (SNU)
    1. KU-UNRAM: 2. SNU-UNRAM: 3. SNU-SR-UNRAM
    Tindak lanjut kegiatan: 1. Exchange Student ke KU 2. KKN Internasional dengan SNU 3. Studi Lanjut S-3
    3
    Penelitian dan pengabdian masyarakat kerja sama internasional secara reguler
    Kegiatan Penelitian dan Pengabdian dengan SNU-SR
    KKN Internasional Tahun 2018 dan 2022
    Publikasi Bersama dengan Mitra International
    4
    Meningkatnya publikasi internasional dosen dan mahasiswa
    Jumlah Publikasi pada Jurnal dan seminar Internasional meningkat sejak 3 tahun terakhir
    PENJAMU | Sumber Daya Manusia unram.ac.id
    5
    Intensitas penyelenggaraan seminar internasional yang meningkat
    Setiap Tahun menyelenggarakan Seminar International dengan Skema Kerja sama dan Mandiri
    2021: ICADES 2022: ICETIR, ICST 2022: ICAITI, MIMSE, ICST
    6
    Dosen berperan aktif sebagai keynote speaker pada seminar internasional
    Dosen PSTI terlibat sebagai keynote speaker pada seminar Internasional
    PENJAMU | Sumber Daya Manusia (unram.ac.id)
    7
    Kemampuan bahasa inggris civitas akademika meningkat
    Nilai TOEFL menjadi Syarat Yudisium Minimal 400
    SK TOEFL MHS dan TOEFL Dosen
    8
    Peningkatan akreditasi Jurnal Penelitian
    Telah memiliki Jurnal berbahasa inggris Terakreditasi Sinta-3 dan di-upgrade menjadi Jurnal Internasional
    JCosine
    9
    Kegiatan lecturer dan student exchange terselenggara secara reguler
    Pelaksanaan Perkuliahan dengan SNU dan exchange Student ke KU
    1. Kuliah Umum SNU 2. Exchange Student
    10
    Keberadaan dosen yang berperan aktif sebagai reviewer pada seminar dan jurnal internasional.
    Dosen PSTI berperan aktif sebagai reviewer dan Mitra Bestari Jurnal International
    PENJAMU | Sumber Daya Manusia (unram.ac.id)
    11
    Akreditasi Internasional
    PSTI sedang proses menyiapkan akreditasi ASIIN
    SAR ASIIN

    No
    Indikator
    Base Line
    2020
    2021
    2022
    Keterangan
    Rencana Tindak Lanjut
    Target
    Capaian
    Target
    Capaian
    Target
    Capaian
    1
    Kelas Berbahasa Inggris
    NA
    NA
    NA
    1
    0
    5
    6
    SK Mengajar dan SK Kelas Internasional
    Menambah mata kuliah berbahasa Inggris
    2
    MOU dengan institusi internasional
    1
    1
    1
    1
    1
    2
    3
    KU-UNRAM: SNU-UNRAM: SNU-SR-UNRAM
    Tindak lanjut kegiatan: Exchange Student ke KU KKN Internasional dengan SNU Studi Lanjut S-3
    3
    Kerjasama Penelitian dan Pengabdian dengan Institusi Internasional
    NA
    1
    1
    1
    1
    Publikasi Bersama dengan Mitra International
    4
    Publikasi Internasional
    NA
    17
    30
    PENJAMU | Sumber Daya Manusia unram.ac.id
    5
    Penyelenggaraan Seminar Internasional
    1
    ICADES
    ICETIR ICST
    ICAITI. MIMSE, ICST
    6
    Dosen Menjadi Keynote Speaker dalam Seminar Internasional
    1
    1
    PENJAMU | Sumber Daya Manusia (unram.ac.id)
    7
    Kemampuan bahasa inggris civitas akademika meningkat
    SK TOEFL MHS dan TOEFL Dosen
    8
    Akreditasi Jurnal
    1
    Internationalisasi Journal J-Cosine sudah dirintis dengan dengan beberapa artikel berbahsa Inggris
    9
    Kuliah tamu
    1
    Kuliah Umum SNU
    10
    Exchange student
    1
    Exchange Student
    11
    Reviewer pada International Conference
    3
    4
    8
    PENJAMU | Sumber Daya Manusia (unram.ac.id)
    12
    Akreditasi Internasional
    NA
    NA
    NA
    Persiapan
    Persiapan dokumen
    Hibah akreditasi
    Proposal tersubmit
    SAR ASIIN

    Peraturan
    Isi Peraturan
    Peraturan Rektor Nomor 1 Tahun 2019
    Penjaringan, Penyaringan, Pengangkatan dan Pemberhentian Ketua dan Sekretaris Jurusan/Bagian tentang Tata Cara Pemilihan dan Pengangkatan Ketua/Sekretaris Program Studi di Lingkungan Unram
    Peraturan Rektor UNRAM No. 1 tahun 2018
    Penjaringan, Penyaringan, Pengangkatan, dan Pemberhentian Wakil Rektor, Dekan, dan Wakil Dekan
    Peraturan Rektor UNRAM No. 5 tahun 2021
    ​​Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan, dan Pemberhentian Anggota Senat Fakultas di Lingkungan UNRAM

    Strategi
    Rencana Kegiatan
    Indikator Capaian
    Target
    Penguatan penjaminan mutu fakultas
    Reakreditasi BAN-PT program studi
    PS memperoleh akreditasi BAN-PT
    3 prodi terakreditasi Unggul, 3 prodi terakreditasi Baik Sekali
    Akreditasi internasional PS
    PS memperoleh akreditasi internasional
    2 PS
    Efektivitas dan efisiensi sosialisasi dan promosi fakultas
    Pengembangan materi sosialisasi dan promosi fakultas (tercetak dan digital/ audio-visual)
    Terwujudnya materi sosialisasi dan promosi
    setiap prodi memiliki youtube dan ig yang terupdate (aktif) untuk promosi
    Sosialisasi dan promosi fakultas
    Terselenggaranya sosialisasi dan promosi
    1 kali pertahun
    Pengembangan layanan pendidikan
    Penyelanggaraan program studi S2
    Jumlah prodi S2 yang beroperasi
    3 prodi
    Pengembangan pusat studi fakultas
    Pengembangan dan penguatan pusat studi
    Jumlah publikasi dan/atau kegiatan oleh pusat studi
    1 publikasi per pusat studi
    Efektivitas dan efisiensi kepemimpinan fakultas
    Benchmarking pengelolaan fakultas dan program studi
    Terselenggaranya benchmarking pengelolaan fakultas dan prodi
    studi banding ke PS terakreditasi internasional
    Peningkatan kualitas layanan fakultas
    Penyelenggaraan rapat kerja fakultas
    Terselenggaranya rapat kerja fakultas
    dilakukan 2 kali per semester
    Peningkatan kompetensi bahasa asing
    Pelatihan bahasa asing bagi dosen dan tendik
    Jumlah dosen dan tendik dengan kemampuan bahasa internasional dengan jumlah total pegawai
    80% dosen dan tendik mampu berbahasa asing
    Peningkatan kompetensi SDM
    Pelatihan dan pengembangan SDM tendik
    Jumlah tendik yang mengikuti pelatihan dan pengembangan
    2 orang per tahun
    Pelatihan dan pengembangan SDM dosen dan PLP
    Jumlah dosen dan PLP yang mengikuti pelatihan dan pengembangan
    2 orang per tahun
    Implementasi layanan berbasis elektronik (e- services)
    Pengembangan sistem layanan berbasis elektronik (e-services)
    Jenis layanan sistem informasi yang diimplementasikan di PSTI
    Layanan ta, pkl, sia, penjamu, surat menyurat diimplementasikan di PSTI
    Pelatihan manajemen dan operasional layanan berbasis elektronik
    Terselenggaranya pelatihan manajemen dan operasional layanan berbasis elektronik
    pelatihan operasional layanan elektronik terselenggara di PSTI
    Hosting dosen tamu internasional
    Penyelenggaraan kuliah dosen tamu
    Jumlah kuliah dosen tamu
    2 kali setahun
    Penyelenggaraan konferensi/seminar internasional
    Jumlah konferensi/ seminar internasional
    1 kali setahun

    Tahun Akademik
    Daya Tampung
    Jumlah Calon Mahasiswa
    Jumlah Mahasiswa Baru
    Jumlah Mahasiswa Aktif
    Pendaftar
    Lulus Seleksi
    Reguler
    Transfer*)
    Reguler
    Transfer*)
    TS – 4
    90
    2711
    99
    85
    0
    299
    0
    TS – 3
    90
    2817
    110
    106
    0
    322
    0
    TS – 2
    90
    2790
    111
    103
    0
    322
    0
    TS – 1
    150
    2907
    155
    144
    0
    370
    0
    TS
    150
    3008
    177
    166
    0
    514
    0
    Jumlah
    570
    14233
    652
    604
    0
    1827
    0

    No
    Program Studi
    Tahun
    2017
    2018
    2019
    2020
    2021
    2022
    1
    Teknik Sipil
    5
    2
    Teknik Elektro
    0
    3
    Teknik Mesin
    0
    4
    Magister Teknik Sipil
    0
    5
    Teknik Informatika
    2
    1
    2
    1
    2
    3
    6
    Teknik Arsitektur
    7
    Magister Teknologi Informasi
    8
    Teknik Industri

    No
    Nama dosen
    DTPS
    Ekuivalen Waktu Mengajar Penuh (EWMP) pada saat TS dalam satuan kredit semester (sks)
    SKS Manajemen
    Add New
    Jumlah SKS
    Rata-rata per semester (sks)
    EWMP Per Semester (dalam %)
    Persentase waktu untuk kegiatan lainnya (dalam %)
    Pendidikan : Pembelajaran dan Pembimbingan
    Penelitian
    PkM
    PT Sendiri
    PT lain
    PS yang diakreditasi
    PS lain didalam PT
    PS lain diluar PT
    1
    Prof. Dr. Eng. I Gede Pasek Suta Wijaya, ST., MT.
    5
    2.24
    5
    4
    14
    7
    29,2
    70,8
    2
    Prof. Jun-Seok Hwang
    8
    8
    4
    16,7
    83,3
    3
    Prof. Han SeungHun
    8
    8
    4
    16,7
    83,3
    4
    Andy Hidayat Jatmika, S.T., M.Kom.
    7.5
    1.79
    2
    2
    1
    4,2
    95,8
    5
    Ramaditia Dwiyansaputra, S.T., M.Eng.
    9.5
    0.62
    1.52
    0
    0
    0,0
    100,0
    6
    Arik Aranta, S.Kom., M.Kom
    9
    1.95
    2.25
    9
    4,5
    18,8
    81,3
    7
    Ahmad Zafrullah Mardiansyah, S.T., M.Eng.
    8
    2.03
    1.94
    8
    4
    16,7
    83,3
    8
    Nadiyasari Agitha, S.Kom., M.MT
    8.97
    2.27
    1.44
    4
    4
    2
    8,3
    91,7
    9
    Ariyan Zubaidi, S.Kom., M.T.
    10.25
    2.04
    2
    0
    0
    0,0
    100,0
    10
    Gibran Satya Nugraha, S.Kom., M.Eng
    10
    1.02
    0.56
    10
    5
    20,8
    79,2
    11
    Dr. Eng. Budi Irmawati, S.Kom., MT.
    9.31
    1.2
    1
    4
    5
    2,5
    10,4
    89,6
    12
    Dr. Ario Yudo Husodo, ST., MT.
    8.5
    1.4
    2
    3
    5
    2,5
    10,4
    89,6
    13
    Dr.Eng. I Gde Putu Wirarama Wedashwara Wirawan ST., MT.
    5.5
    2.94
    1.81
    4
    4
    2
    8,3
    91,7
    14
    Royana Afwani, ST., MT.
    8.5
    1.59
    2.5
    0
    0
    0,0
    100,0
    15
    Fitri Bimantoro, ST., M.Kom.
    7.25
    2.58
    2
    4
    6
    3
    12,5
    87,5
    16
    Ari Hernawan, S.Kom., M.Sc.
    10.22
    0.7
    1.38
    0
    0
    0,0
    100,0
    17
    Ir. Sri Endang Anjarwani, M.Kom.
    10
    1.25
    2.25
    10
    5
    20,8
    79,2
    18
    Moh. Ali Albar, S.T., M.Eng.
    9.5
    1.51
    2.5
    0
    0
    0,0
    100,0
    19
    Noor Alamsyah, S.T., M.T.
    10.17
    1.46
    0.63
    0
    0
    0,0
    100,0
    20
    Heri Wijayanto, S.T., M.T., Ph.D.
    10
    1.78
    0.88
    10
    5
    20,8
    79,2
    21
    Ida Bagus Widiartha, ST., MT., Ph.D,
    12
    12
    6
    25,0
    75,0
    22
    I Wayan Agus Arimbawa, ST., M.Eng.
    12
    12
    6
    25,0
    75,0
    23
    Raphael Bianco Huwae
    9
    0.25
    0.25
    9
    4,5
    18,8
    81,3
    24
    Dwi Ratnasari, S.Kom., MT.
    11.06
    1
    0.34
    1
    0,5
    2,1
    97,9
    25
    I Wayan Sudiartha, B.Sc., M.Sc., Ph.D.
    0
    0
    0,0
    100,0
    26
    Dr. Ery Setiawan, ST., MT.
    0
    0
    0,0
    100,0
    27
    M. Syamsu Iqbal, ST., MT., Ph.D
    10
    10
    5
    20,8
    79,2
    28
    Dr. Ginarsa, ST., MT.
    0
    0
    0,0
    100,0
    29
    Syahrul, ST., M.ASc., Ph.D.
    0
    0
    0,0
    100,0

    No
    Tahun
    Jumlah Dosen
    Jumlah Mahasiswa
    Rasio
    1
    2020
    165
    3370
    1 : 20,42
    2
    2021
    168
    3677
    1 : 21,88
    3
    2022
    191
    3884
    1 : 20,33

    No
    Tahun
    Jumlah Dosen
    Jumlah Mahasiswa
    Rasio
    1
    2020
    18
    463
    1 : 25,72
    2
    2021
    23
    573
    1 : 24,91
    3
    2022
    30
    665
    1 : 22,17

    No
    Tahun
    Tingkatan Jabatan
    Jumlah Dosen
    1
    2021
    Asisten Ahli
    14
    Lektor
    71
    Lektor Kepala
    47
    Guru Besar
    6
    Dosen baru
    5
    2
    2022
    Asisten Ahli
    18
    Lektor
    77
    Lektor Kepala
    47
    Guru Besar
    8
    Dosen baru
    8

    No
    Tahun
    Organisasi Profesi
    Jumlah
    1
    2020
    APTIKOM
    5
    2
    2021
    IEEE
    2
    3
    2022
    Insinyur Indonesia
    1

    No
    Tahun
    Sertifikasi Profesi
    Jumlah
    1
    2020
    Microsoft Technology Associate
    5
    2
    2021
    Microsoft Certified Fundamentals
    8
    Huawei Storage
    1
    3
    2022
    Oracle SQL Database Design
    1
    Jumlah
    15

    No
    Tahun
    Asal Beasiswa
    Jumlah Dosen
    1
    2018
    Dikti, Asia University dan Universitas Indonesia
    2
    2
    2019
    ITPP, South Korea
    2
    3
    2020
    ITPP, South Korea
    2
    4
    2021
    ITPP, South Korea
    2
    5
    2022
    LPDP, Kemenkeu, BPI, Kemendikbud
    2
    Jumlah
    9

    No
    Tahun
    Kegiatan
    Tingkat Nasional/Internasional
    Jumlah Dosen
    1
    2020
    International Conference on Advancement in Data Science, E-learning and Information System
    Internasional
    1
    2
    2021
    Webinar Peran Kompetensi di Bidang TI dalam Meningkatkan Kepariwisataan NTB
    Nasional
    1
    3
    2022
    International Conference on Computer Vision, High Performance Computing, Smart Devices and Network (CHSN-2022)
    Internasional
    1
    Mandalika International Multi-Conference on Science and Engineering (MIMSE-2022)
    Internasional
    1
    Thematic Academy : Pondok Pesantren di Lombok Tengah
    Lokal
    9
    Jumlah
    13

    No
    Tahun
    Nama Jurnal / Seminar Internasional
    Tingkat Nasional/ Internasional
    Jumlah Dosen
    1
    2018
    International Conference on Data and Software Engineering (ICODSE)
    Internasional
    2
    2019
    3
    2020
    International Conference on Advancement in Data Science, E-learning and Information System (ICADEIS)
    Internasional
    1
    4
    2021
    ICETIR
    Nasional
    1
    ICST
    Internasional
    1
    5
    2022
    ICAITI
    Internasional
    1
    MIMSE
    Lokal
    9
    ICST
    6
    Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Lontar Komputer
    Nasional
    1
    Dharmasanti: Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan
    Nasional
    1
    International Journal of Technology
    Internasional
    ICACIS
    Internasional
    International Workshop on Big Data and Information Security
    Internasional
    Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK)
    Nasional
    Jumlah

    No
    Tahun
    Nama Kegiatan
    Lembaga/ Industri
    Jumlah Dosen
    1
    2018
    Relawan TIK Indonesia
    Kominfo
    3
    2
    2019
    Staf Ahli/Narasumber
    Diskominfo Kota Mataram
    1
    3
    2020
    Fresh Graduate Academy (FGA)
    Kemen Kominfo
    12
    Staf Ahli/Narasumber
    Universitas Pertahanan
    1
    Staf Ahli/Narasumber
    Universitas Internasional Semen Indonesia
    1
    4
    2021
    Digital Entrepreneurship Academy (DEA)
    Kemen Kominfo
    1
    .
    Staf Ahli/Narasumber
    Inovasi NTB
    2
    Staf Ahli/Narasumber
    Seoul National University
    2
    2022
    Staf Ahli/Narasumber
    Telkom
    1
    Staf Ahli/Narasumber
    Dinas Perindustrian
    1
    Jumlah
    25

    No
    Tahun
    Lokal
    Nasional
    Internasional
    Melibatkan Mahasiswa
    1
    2018
    0
    0
    0
    0
    2
    2019
    2
    0
    1
    0
    3
    2020
    2
    3
    3
    4
    4
    2021
    9
    0
    5
    2022
    4
    2

    No
    Tahun
    Hasil
    Sub Kriteria evaluasi
    1
    2021
    Sangat Puas
    Proses Seleksi, pelaksanaan proses seleksi, penempatan dosen sesuai kulifikasi dan kompetensi
    Puas
    Informasi waktu, penilaian proses seleksi, Pembinaan terhadap dosen baru
    2
    2022
    Sangat Puas
    Penempatan dosen sesuai kualifikasi dan kompetensi
    Puas
    Proses Seleksi, pelaksanaan proses seleksi, Informasi waktu, penilaian proses seleksi, Pembinaan terhadap dosen baru

    No
    Tahun
    Hasil
    Sub Kriteria evaluasi
    1
    2021
    Sangat Puas
    Fasilitas kebutuhan studi lanjut, fasilitas mengikuti kursus/pelatihan, fasilitas mengikuti seminar/workshop
    Puas
    Pengembangan sesuai dengan SOP, kesempatan studi banding ke dalam/luar negeri, memfasilitasi pengembangan tim untuk magang/datasering.
    2
    2022
    Sangat Puas
    Fasilitas kebutuhan studi lanjut, fasilitas mengikuti seminar/workshop
    Puas
    Pengembangan sesuai dengan SOP, fasilitas mengikuti kursus/pelatihan, kesempatan studi banding ke dalam/luar negeri, memfasilitasi pengembangan tim untuk magang/datasering.

    No
    Tahun
    Hasil
    Sub Kriteria evaluasi
    1
    2021
    Puas (52%)
    Memiliki dan menjalankan rekrutmen, sistem seleksi, orientasi, dan penempatan Tenaga kependidikan (2,95), memiliki dan menjalankan sistem pembinaan pegawai dalam bentuk pemberian penghargaan dan sanksi (2,775), beban kerja sesuai standar kepegawaian (2,8), menilai dan mengevaluasi kinerja tenaga kependidikan (2,975), melakukan rotasi Tenaga Kependidikan antar unit kerja (2,7), melibatkan tenaga kependidikan dalam pengambilan keputusan penting
    Kurang Puas
    Melibatkan tenaga kependidikan dalam pengambilan keputusan penting, menentukan jenjang karir tenaga kependidikan berdasarkan prestasi kerja, Tenaga Kependidikan mendapatkan layanan dan informasi tentang jenjang karir dan jabatan, Pengelola dan tenaga administrasi bertangung jawab dalam memberikan layanan dan informasi pengembangan karier/jabatan, kesempatan untuk peningkatan jenjang karir dan jabatan tanpa mempertimbangkan SARA dan jenis kelamin, ketepatan jadwal waktu pelayanan terkait layanan pengembangan karier/jabatan.
    2
    2022
    Puas
    Memiliki dan menjalankan rekrutmen, sistem seleksi, orientasi, dan penempatan Tenaga kependidikan (3,06), memiliki dan menjalankan sistem pembinaan pegawai dalam bentuk pemberian penghargaan dan sanksi (2,8), beban kerja sesuai standar kepegawaian (3,04), menilai dan mengevaluasi kinerja tenaga kependidikan (3,15), melakukan rotasi Tenaga Kependidikan antar unit kerja (2,7), melibatkan tenaga kependidikan dalam pengambilan keputusan penting, Pengelola dan tenaga administrasi bertangung jawab dalam memberikan layanan dan informasi pengembangan karier/jabatan, kesempatan untuk peningkatan jenjang karir dan jabatan tanpa mempertimbangkan SARA dan jenis kelamin, ketepatan jadwal waktu pelayanan terkait layanan pengembangan karier/jabatan.
    Kurang Puas
    Menentukan jenjang karir tenaga kependidikan berdasarkan prestasi kerja, Tenaga Kependidikan mendapatkan layanan dan informasi tentang jenjang karir dan jabatan.

    No
    Tahun
    Hasil
    Sub Kriteria evaluasi
    1
    2021
    Sangat Puas
    Penilaian pimpinan terhadap pekerjaan yang dilakukan dosen sesuai dengan prinsip edukatif, otentik, objektif, akuntabel, transparan
    Puas
    Sistem pembinaan dosen dalam bentuk penghargaan dan sangsi
    2
    2022
    Sangat Puas
    Penilaian pimpinan terhadap pekerjaan yang dilakukan dosen sesuai dengan prinsip edukatif, otentik, objektif, akuntabel, transparan
    Puas
    Sistem pembinaan dosen dalam bentuk penghargaan dan sanksi

    No
    Tahun
    Hasil
    Sub Kriteria evaluasi
    1
    2021
    Puas (52%)
    Memiliki dan menjalankan rekrutmen, sistem seleksi, orientasi, dan penempatan Tenaga kependidikan (2,95), memiliki dan menjalankan sistem pembinaan pegawai dalam bentuk pemberian penghargaan dan sanksi (2,775), beban kerja sesuai standar kepegawaian (2,8), menilai dan mengevaluasi kinerja tenaga kependidikan (2,975), melakukan rotasi Tenaga Kependidikan antar unit kerja (2,7), melibatkan tenaga kependidikan dalam pengambilan keputusan penting
    Kurang Puas
    Melibatkan tenaga kependidikan dalam pengambilan keputusan penting, menentukan jenjang karir tenaga kependidikan berdasarkan prestasi kerja, Tenaga Kependidikan mendapatkan layanan dan informasi tentang jenjang karir dan jabatan, Pengelola dan tenaga administrasi bertangung jawab dalam memberikan layanan dan informasi pengembangan karier/jabatan, kesempatan untuk peningkatan jenjang karir dan jabatan tanpa mempertimbangkan SARA dan jenis kelamin, ketepatan jadwal waktu pelayanan terkait layanan pengembangan karier/jabatan.
    2
    2022
    Puas
    Memiliki dan menjalankan rekrutmen, sistem seleksi, orientasi, dan penempatan Tenaga kependidikan (3,06), memiliki dan menjalankan sistem pembinaan pegawai dalam bentuk pemberian penghargaan dan sanksi (2,8), beban kerja sesuai standar kepegawaian (3,04), menilai dan mengevaluasi kinerja tenaga kependidikan (3,15), melakukan rotasi Tenaga Kependidikan antar unit kerja (2,7), melibatkan tenaga kependidikan dalam pengambilan keputusan penting, Pengelola dan tenaga administrasi bertangung jawab dalam memberikan layanan dan informasi pengembangan karier/jabatan, kesempatan untuk peningkatan jenjang karir dan jabatan tanpa mempertimbangkan SARA dan jenis kelamin, ketepatan jadwal waktu pelayanan terkait layanan pengembangan karier/jabatan.
    Kurang Puas
    Menentukan jenjang karir tenaga kependidikan berdasarkan prestasi kerja, Tenaga Kependidikan mendapatkan layanan dan informasi tentang jenjang karir dan jabatan.

    No
    Tahun
    Hasil
    Sub Kriteria evaluasi
    1
    2021
    Kurang Puas

    Tenaga Kependidikan mendapatkan fasilitas untuk studi lanjut seperti perijinan, pemenuan syarat studi, bantuan pembiayaan sebagian/keseluruhan, mendapat fasilitas pengembangan diri untuk mengikuti kursus/pelatihan sesuai dengan yang dibutuhkan terkait tupoksi, Tenaga kependidikan mendapatkan fasilitas pengembangan diri mengikuti magang, Tenaga kependidikan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti studi banding dalam negeri dan atau luar negeri, Pengelola di Unit Kerja, memberikan informasi dengan tepat waktu terkait pengebangan diri bergelar/studi lanjut, Pengelola di Unit Kerja, memberikan pelayanan secaa bertanggungjawab dan disiplin terkait pengembangan diri bergelar/studi lanjut, maupun tidak bergelar, tenaga kependidikan mendapatkan pelayanan yang sopan dan ramah dari pengelola terkait pengembangan diri bergelar/studi lanjut maupun tidak bergelar.

    2
    2022
    Puas

    Mendapatkan pelayanan yang sopan dan ramah dari pengelola terkait pengembangan diri bergelar/studi lanjut maupun tidak bergelar.

    Kurang Puas

    Tenaga Kependidikan mendapatkan fasilitas untuk studi lanjut seperti perijinan, pemenuan syarat studi, bantuan pembiayaan sebagian/keseluruhan, mendapat fasilitas pengembangan diri untuk mengikuti kursus/pelatihan sesuai dengan yang dibutuhkan terkait tupoksi, Tenaga kependidikan mendapatkan fasilitas pengembangan diri mengikuti magang, Tenaga kependidikan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti studi banding dalam negeri dan atau luar negeri, Pengelola di Unit Kerja, memberikan informasi dengan tepat waktu terkait pengebangan diri bergelar/studi lanjut, Pengelola di Unit Kerja, memberikan pelayanan secaa bertanggungjawab dan disiplin terkait pengembangan diri bergelar/studi lanjut, maupun tidak bergelar.

    No
    Sumber Pembiayaan
    Jumlah Judul
    Jumlah
    TS-2
    TS-1
    TS
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    1
    Perguruan Tinggi
    5
    5
    8
    18
    2
    Mandiri
    0
    1
    0
    1
    3.
    Lembaga dalam negeri (di luar PT)
    0
    3
    4
    7
    4
    Lembaga luar negeri
    0
    0
    0
    0
    Jumlah
    5
    9
    12
    26

    No
    Metode Publikasi
    Jumlah Judul
    Jumlah
    TS-2
    TS-1
    TS
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    1
    Jurnal Nasional tidak terakreditasi
    32
    12
    2
    46
    2
    Jurnal Nasional terakreditasi
    16
    29
    22
    67
    3.
    Jurnal Nasional
    0
    0
    0
    0
    4
    Jurnal Nasional bereputasi
    2
    1
    2
    5
    5
    Seminar Wilayah / local / perguruan tinggi
    2
    1
    2
    5
    6
    Seminar Nasional
    8
    18
    1
    27
    7
    Seminar Internasional
    0
    2
    0
    2
    8.
    Tulisan di media massa wilayah
    0
    0
    0
    0
    9
    Tulisan di media massa nasional
    0
    0
    0
    0
    10
    Tulisan di media massa internasional
    0
    0
    0
    0
    Jumlah
    60
    64
    29
    133

    No
    Uraian Kegiatan
    Bulan Ke
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    7
    8
    9
    10
    11
    12
    1
    Pengumuman pengusulan usulan
    2
    Pengusulan usulan
    3
    Penilaian usulan
    4
    Pengumuman proposal yang
    5
    Penandatanganan perjanjian pelaksanaan penugasan penelitian
    6
    Pelaksanaan penelitian
    7
    Pemantauan dan evaluasi
    8
    Seminar hasil penelitian
    9
    Batas akhir penyerahan laporan penelitian

    No
    Target Pelacakan
    Aspek
    1
    Lulusan (30 butir)
    1. Status Pekerjaan
    2. Masa Tunggu Mendapat Pekerjaan,
    3. Posisi/jabatan
    4. Tingkat Penghasilan
    5.Tingkat Perusahaan Tempat Bekerja (lokal/nasional/multinasional)
    6. Kesesuaian Bidang Pekerjaan,
    7. Pembelajaran yang Mendukung Pekerjaan
    8. Sertifikat Kompetensi yang Dimiliki,
    9. Tingkat Kompetensi yang Dikuasai
    10. Tingkat Kompetensi yang Dibutuhkan dalam pekerjaan
    2
    Pengguna Lulusan (8 butir)
    1. Sikap/etika Lulusan di Tempat Bekerja
    2. Keahlian Lulusan Berdasarkan Bidang Ilmunya
    3. Kemampuan Berbahasa Asing
    4. Kemampuan Penggunaan Teknologi Informasi
    5. Kemampuan Berkomunikasi,
    6. Kemampuan Kerjasama,
    7. Kemampuan Pengembangan Diri,
    8. Kesiapan terjun di masyarakat

    No.
    Tahun Lulus
    Jumlah Lulusan
    Indeks Prestasi Kumulatif
    Min.
    Rata-rata
    Maks
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    1
    TS-2
    66
    2,67
    3,31
    3,9
    2
    TS-1
    35
    2,59
    3,32
    3,95
    3
    TS
    92
    2,77
    3,46
    3,95

    Tahun Masuk
    Jml Mhs Diterima
    Jumlah Mahasiswa yang lulus pada akhir
    Jml Lulusan s.d. Akhir TS
    Rata- rata Masa Studi
    Jumlah mhs. Yang masih aktif
    TS-6
    TS-5
    TS-4
    TS-3
    TS-2
    TS-1
    TS
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    7
    8
    9
    10
    11
    TS-6
    89
    10
    27
    10
    18
    65
    5 th 2 bln
    2
    TS-5
    92
    2
    29
    17
    48
    4 th 10 bln
    22
    TS-4
    99
    5
    28
    33
    4 th 6 bln
    53
    TS-3
    106
    7
    7
    4 th 0 bln
    79

    No
    Jenis Kemampuan
    Tingkat KepuasanPengguna (%)
    Rencana Tindak Lanjut oleh UPPS/PS
    Sangat Baik
    Baik
    Cukup
    Kurang
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    7
    1
    Kerjasama Tim
    64.10
    35.90
    0
    0
    Penugasan kuliah secara team/kelompok terutama untuk project akhir mata kuliah di PSTI Mendorong mahasiswa untuk aktif pada himpunan ataupun organisasi lainnya yang membawa manfaat serta pendampingan oleh tim TKK (Tim Pembina Kemahasiswaan)
    2
    Keahlian di bidang TI
    74.36
    25.64
    0
    0
    Perkuliahan dengan menggunakan tools-tools di bidang TIK (Office, Git, dan sebagainya)
    3
    Kemampuan berbahasa asing (Inggris)
    33.33
    38.46
    0
    28.21
    PSTI memberikan motivasi bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing dan bagi para dosen dihimbau memberikan perkuliahan ataupun sumber materi dari sumber berbahasa asing. PSTI Memberikan pembekalan bahasa asing bagi mahasiswa dengan diadakannya kelas-kelas (perkuliahan) internasional. PSTI menetapkan standar lulusan salah satunya indikator nilai TOEFL
    4
    Kemampuan berkomunikasi
    56.41
    43.59
    0
    0
    Penugasan kuliah secara team/kelompok terutama untuk project akhir mata kuliah di PSTI Mendorong mahasiswa untuk aktif pada himpunan ataupun organisasi lainnya yang membawa manfaat serta pendampingan oleh tim TKK (Tim Pembina Kemahasiswaan)
    5
    Pengembangan diri
    71.79
    28.21
    0
    0
    Persyaratan dari prodi untuk memiliki minimal satu sertifikat kompetensi keahlian Terbukanya kesempatan MBKM ataupun magang di tingkat nasional ataupun internasional (pertukaran mahasiswa)
    6
    Kepemimpinan
    41.03
    51.28
    0
    7.69
    Penugasan kuliah secara team/kelompok terutama untuk project akhir mata kuliah di PSTI Mendorong mahasiswa untuk aktif pada himpunan ataupun organisasi lainnya yang membawa manfaat serta pendampingan oleh tim TKK (Tim Pembina Kemahasiswaan)
    7
    Etos Kerja
    43.59
    53.85
    0
    2.56
    Terbukanya kesempatan MBKM ataupun magang di tingkat nasional ataupun internasional (pertukaran mahasiswa) Perkuliahan yang aktif dan pemberian tugas dalam bentuk latihan-latihan ataupun project besar yang harus diselesaikan sengan baik dalam satu waktu tertentu
    Jumlah

    Tahun Lulus
    Jumlah Lulusan
    Jumlah Lulusan yang Terlacak
    Rata- rata Waktu Tunggu (Bulan)
    1
    2
    3
    4
    TS-4
    54
    35
    2,7
    TS-3
    82
    40
    2,125
    TS-2
    66
    50
    5
    Jumlah
    202
    125
    3.275

    Tahun Lulus
    Jumlah Lulusan
    Jumlah Lulusan yang Terlacak
    Profesi kerja bidang Infokom
    Profesi kerja bidang NON Infokom
    Lingkup tempat kerja
    Multinasiona/ Internasional
    Nasional
    Wirausaha
    TS-4
    54
    34
    21
    13
    1
    8
    23
    TS-3
    82
    32
    24
    8
    1
    13
    14
    TS-2
    66
    46
    36
    10
    0
    15
    25
    Jumlah

    No.
    Nama DTPR
    Jumlah Publikasi bertema INFOKOM
    Jumlah Penelitian bertema INFOKOM
    Jumlah Penelitian bertema INFOKOM yang mendapat HKI
    Jumlah PkM bertema INFOKOM yang diadopsi masyarakat
    Jumlah PkM bertema INFOKOM yang mendapat HKI
    1
    Prof. Dr. Eng. I Gede Pasek Sutawijaya, ST., MT.
    51
    8
    2
    5
    2
    Prof. Jun-Seok Hwang
    3
    Prof. Han SeungHun
    4
    Andy Hidayat Jatmika, S.T., M.Kom.
    43
    7
    4
    5
    Ramaditia Dwiyansaputra, S.T., M.Eng.
    13
    2
    1
    1
    6
    Arik Aranta, S.Kom., M.Kom
    24
    7
    5
    7
    Ahmad Zafrullah Mardiansyah, S.T., M.Eng.
    21
    3
    2
    8
    Nadiyasari Agitha, S.Kom., M.MT
    31
    10
    1
    4
    9
    Ariyan Zubaidi, S.Kom., M.T.
    40
    3
    3
    10
    Gibran Satya Nugraha, S.Kom., M.Eng
    21
    2
    5
    11
    Dr. Eng. Budi Irmawati, S.Kom., MT.
    22
    2
    4
    12
    Dr. Ario Yudo Husodo, ST., MT.
    25
    2
    1
    5
    13
    Dr.Eng. I Gde Putu Wirarama Wedashwara Wirawan ST., MT.
    56
    14
    4
    14
    Royana Afwani, ST., MT.
    29
    10
    2
    3
    15
    Fitri Bimantoro, ST., M.Kom.
    68
    4
    1
    6
    16
    Ari Hernawan, S.Kom., M.Sc.
    11
    2
    17
    Ir. Sri Endang Anjarwani, M.Kom.
    20
    2
    1
    3
    18
    Moh. Ali Albar, S.T., M.Eng.
    26
    22
    3
    19
    Noor Alamsyah, S.T., M.T.
    5
    2
    1
    20
    Heri Wijayanto, S.T., M.T., Ph.D.
    13
    1
    21
    Ida Bagus Widiartha, ST., MT., Ph.D,
    5
    4
    2
    22
    I Wayan Agus Arimbawa, ST., M.Eng.
    16
    2
    1
    23
    Raphael Bianco Huwae
    1
    1
    24
    Dwi Ratnasari, S.Kom., MT.
    5
    25
    I Wayan Sudiartha, B.Sc., M.Sc., Ph.D.
    26
    Dr. Ery Setiawan, ST., MT.,
    27
    M. Syamsu Iqbal, ST., MT., Ph.D
    28
    Dr. Ginarsa, ST., MT.
    29
    Syahrul, ST., Ms.C., Ph.D
    Jumlah

    No
    Prestasi
    Jumlah
    1
    Regional
    2 (5.71%)
    2
    Nasional
    23 (65.71%)
    3.
    International
    7 (20%)
    4.
    Dikti
    3(8.57%)

    Tahun
    Hak Cipta
    Melibatkan Mahasiswa
    2018
    5
    2
    2019
    3
    2
    2020
    1
    1
    2021
    2
    2
    2022
    7
    3

    No
    Domain
    Judul
    1.
    Kesehatan
    – Pembuatan Sistem Informasi Pemantau Sampel Berbasis Web Di Action Against Stunting Hub Indonesia
    2.
    Pendidikan
    – Rancangan Course Kolaboratif Dan Edukatif Menggunakan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Blended Learning Serta Pengenalan Hibah Spada Unram Bagi Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram – Perancangan Dan Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Pada SMPN 2 Kuripan – Sistem Perpustakaan Desa Bagik Polak Berbasis Website – Pengenalan Algoritma Pemrograman Menggunakan Aplikasi Scratch Bagi Siswa SD 13 Mataram
    3.
    Keuangan
    – Analisis Usability Pada Aplikasi Klik Sppt Lombok Utara Pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lombok Utara (Bapenda Klu) – Sistem Informasi Desa Untuk Manajemen Data Covid 19 Dan Transparansi Keuangan Dalam Peningkatan Efisiensi Birokrasi Pemerintah Desa Masbagik Selatan
    4.
    Struktur
    – Sistem Perhitungan Struktur Bangunan Berbasis Web Pada PT. Invest Indonesian Islands
    5.
    Perkantoran dan tatakelola
    – Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Pengarsipan Surat Dinas Perdagangan Provinsi NTB – Sistem Informasi Surat Elektronik Untuk Akademik UIN Mataram (Dengan Python Django Framework) – Sistem Informarsi Pesan Antar Koleksi Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Propinsi Nusa Tenggara Barat Berbasis Website Responsive – Sistem Informasi Gofoodies Lombok Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel dan Bootstrap – Sistem Informasi Sertifikasi Badan Usaha Dan Tenaga Kerja Pada Lembaga Pengembangan Jasa Konstuksi Provinsi Nusa Tenggara Barat – Sistem Informasi Pengaduan Layanan Pada BPKAD Provinsi Nusa Tenggara Barat Berbasis Web – Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Praktek Kerja Lapangan Berbasis Web Untuk Meningkatkan Layanan Administratif Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram Di Era Pandemi Covid-19
    6.
    Networking
    – Pemasangan Perangkat Penguat Daya GSM Di Jalur Menuju Air Terjun Segenter Lombok Barat – Implementasi Security Information And Event Management (SIEM) Pada Aplikasi Sms Center Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat – Analisis Jaringan Komputer Local Area Network (LAN) Di Rumah Sakit UNRAM

    INTERNAL FACTORS
    STRENGTHS +
    WEAKNESSES –
    1. Visi Misi yang Relevan: Visi dan misi program studi yang kuat dan jelas, sejalan dengan perkembangan industri dan teknologi serta integritas nilai keagamaan.
    2. Efektivitas Tata Pamong: Struktur organisasi yang terstruktur dan efektif, didukung oleh mekanisme evaluasi dan peningkatan yang adaptif.
    3. Kualitas Mahasiswa: Partisipasi aktif dan dukungan fasilitas akademik yang memadai, serta program pengembangan diri untuk menghasilkan lulusan siap industri.
    4. Dosen Berkualitas: Dosen berkualitas dan berpengalaman dengan dukungan pelatihan dan pengembangan kontinu.
    5. Pengelolaan Keuangan Transparan: Pengelolaan keuangan yang transparan dan efektif, didukung oleh alokasi dana yang memadai untuk pengembangan.
    6. Kurikulum yang Relevan: Kurikulum berbasis KKNI dan OBE, mengintegrasikan praktik industri dan teknologi terbaru.
    7. Prestasi Penelitian: Keberhasilan dalam publikasi dan penelitian, serta keterlibatan dalam proyek riset nasional dan internasional.
    8. Program Pengabdian yang Berdampak: Peningkatan pengabdian kepada masyarakat melalui program-program yang relevan dan solusi berkelanjutan.
    9. Luaran Berkualitas: Lulusan berkualitas dengan prestasi akademik yang membanggakan, serta dampak nyata terhadap masyarakat melalui inovasi dan penelitian.
    1. Visi Misi Tidak Optimal: Kesesuaian visi misi dengan perkembangan industri dan teknologi belum dioptimalkan, mengakibatkan potensi kurangnya relevansi.
    2. Tata Kelola Tidak Sempurna: Mekanisme evaluasi dan peningkatan tata kelola belum mencapai tingkat optimal dalam mengatasi perubahan regulasi dan tuntutan.
    3. Program Pengembangan Mahasiswa Terbatas: Kurangnya program pengembangan diri yang terstruktur dan komprehensif untuk mahasiswa, serta keterbatasan dukungan dan fasilitas.
    4. Keterbatasan Dosen Berpendidikan Tinggi: Meskipun jumlah dosen berkualitas tinggi, kekurangan dosen berpendidikan doktor dalam mendukung pengajaran dan penelitian.
    5. Alokasi Dana Kurang Optimal: Pengalokasian dana belum sepenuhnya efisien dan optimal untuk mendukung pengembangan program studi.
    6. Kurikulum Tidak Selaras dengan Teknologi Terbaru: Kurikulum belum sepenuhnya mengintegrasikan teknologi terbaru dan kebutuhan industri, berpotensi mengurangi kualitas lulusan.
    7. Keterbatasan Riset dan Penelitian: Keterbatasan sumber daya dan dana untuk penelitian yang lebih luas dan berdampak.
    8. Program Pengabdian Terbatas: Program pengabdian kepada masyarakat masih terbatas dalam cakupan dan jumlah.
    9. Promosi dan Publikasi Kurang Optimal: Kurangnya promosi dan publikasi terhadap hasil inovasi dan penelitian kepada masyarakat, menghambat dampak yang lebih luas.

    EXTERNAL FACTORS
    OPPORTUNITIES +
    THREATS –
    1. Peningkatan Permintaan Profesi Teknik Informatika: Visi program studi yang mengarah pada pengembangan teknologi berbasis riset dan inovasi menciptakan peluang untuk merespon meningkatnya permintaan terhadap lulusan dengan keterampilan teknik informatika yang unggul.
    2. Peningkatan Tata Kelola: Peluang untuk mengadopsi praktik tata kelola terbaru dan inovatif, meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan.
    3. Pengembangan Mahasiswa Lebih Komprehensif: Dukungan terhadap program pengembangan diri yang lebih komprehensif, menciptakan lulusan yang lebih siap untuk menghadapi tuntutan industri.
    4. Penghadiran Tenaga Pengajar Tamu: Peluang untuk menghadirkan tenaga pengajar tamu yang ahli di bidang teknologi informatika, meningkatkan variasi pengalaman pembelajaran.
    5. Pendanaan Eksternal: Potensi untuk mendapatkan pendanaan eksternal melalui kerja sama riset dan proyek dengan industri, memperluas sumber pendanaan.
    6. Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran: Peluang untuk mengintegrasikan teknologi terbaru dalam proses pembelajaran, meningkatkan kualitas dan keterlibatan mahasiswa.
    7. Partisipasi dalam Riset Nasional dan Internasional: Peluang untuk berpartisipasi dalam proyek penelitian berskala nasional dan internasional, meningkatkan reputasi dan dampak penelitian.
    8. Peningkatan Program Pengabdian: Potensi untuk meningkatkan jumlah program pengabdian kepada masyarakat, memberikan solusi nyata terhadap berbagai masalah sosial.
    9. Kolaborasi Industri: Peluang untuk menjalin kolaborasi yang lebih erat dengan industri dan perusahaan dalam mengembangkan solusi teknologi informatika yang inovatif.
    1. Ketidaksesuaian dengan Perkembangan Teknologi: Tantangan dalam menjaga kesesuaian visi misi dengan perkembangan teknologi yang cepat dan dinamis, mengancam relevansi program studi.
    2. Keterbatasan Tata Kelola: Ancaman dari perubahan regulasi dan tuntutan tata kelola yang lebih ketat, menghambat efisiensi dan efektivitas tata kelola.
    3. Keterbatasan Program Pengembangan Mahasiswa: Tantangan dalam mengatasi tingkat absensi rendah dan tingkat putus sekolah, mengancam kualitas lulusan.
    4. Keterbatasan Dosen Berkualitas: Ancaman dari kekurangan dosen berpendidikan doktor dalam mendukung pengajaran dan penelitian, mengurangi kualitas akademik.
    5. Pengalokasian Dana Tidak Efisien: Tantangan dari fluktuasi anggaran pendidikan yang dapat mengurangi dana untuk pengembangan program studi.
    6. Kurikulum yang Tidak Optimal: Kurikulum belum sepenuhnya mengintegrasikan teknologi terbaru dan kebutuhan industri, mengancam kualitas lulusan.
    7. Keterbatasan Riset dan Penelitian: Ancaman dari keterbatasan sumber daya dan dana untuk penelitian yang lebih luas dan berdampak.
    8. Program Pengabdian yang Terbatas: Ancaman dari program pengabdian kepada masyarakat yang masih terbatas dalam cakupan dan jumlah, mengurangi dampak yang dihasilkan.
    9. Kurangnya Promosi dan Publikasi Berdampak Negatif: Kekurangan promosi dan publikasi terhadap hasil inovasi dan penelitian yang berdampak, dapat menghambat pengaruh program studi secara keseluruhan.

    No
    Kriteria
    Program pengembangan
    1
    Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi
    ● Meningkatkan peran GPM dan UPM dalam melakukan pemantauan, evaluasi, dan tindak lanjut terhadap pelaksanaan strategi pencapaian tujuan dan sasaran mutu
    ● Monitoring dan evaluasi ketercapaian visi dan misi secara konsisten mengacu pada renstra yang telah ditetapkan oleh UPPS
    ● Monitoring dan evaluasi kesesuaian VMTS terhadap perkembangan industry dan teknologi dan kebutuhan pengguna yang dilakukan secara berkala dengan melibatkan pengguna, serta stakeholder internal dan eksternal
    ● Upaya memperbanyak bentuk Kerjasama dan berkolaborasi dengan industry pengguna lulusan.
    ● penguatan hubungan dengan lulusan melalui Ikatan alumni untuk memperkuat jejaring dengan industry, serta untuk peningkatan mutu Pendidikan di PSTI dan UPPS
    2
    Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama
    ● Monitoring dan evaluasi secara berkala terhadap kebijakan dan prosedur yang ditetapkan oleh UPPS
    ● peningkatan jumlah serta kualitas pengguna lulusan dengan bidang yang sesuai
    ● peningkatan kompetensi GPM UPPS
    3
    Mahasiswa
    ● Meningkatkan kegiatan program pengembangan diri dibidang pengembangan kompetensi, minat dan bakat untuk seluruh mahasiswa.
    ● Peningkatan dukungan dan fasilitas kepada mahasiswa yang berkegiatan di luar akademik.
    4
    Sumber Daya Manusia
    ● Percepatan peningkatan Jabatan fungsional dosen
    ● Peningkatan keterampilan dosen melalui pelatihan AA dan PEKERTI
    ● Memberikan dukungan dana kepada Dosen dan tendik untuk studi lanjut
    ● Upgrade knowledge untuk dosen dan tendik
    5
    Keuangan, Sarana, dan Prasarana
    ● Peningkatan pendapatan UPPS dan PSTI melalui pembuatan unit generating revenue
    ● mendorong dosen untuk aktif mengajukan proposal hibah penelitian dan peengabdian kepada Masyarakat kompetitif dikti/nasional/internasional
    ● evaluasi roadmap pengembangan sarana dan prasaran UPPS dan PSTI (serta memberikan prioritas)
    ● monev sarana prasarana secara berkala
    6
    Pendidikan
    ● Pemantauan, evaluasi dan tindak lanjut terhadap implementasi kurikulum dalam proses pembelajaran.
    ● Menyusun pedoman pengelolaan pembelajaran yang sesuai IKU dan IKT
    ● Melibatkan praktisi dalam kegiatan belajar mengajar
    ● Dalam menerapkan OBE, kasus yang diberikan harus mengikuti perkembangan industry dan IPTEK
    7
    Penelitian
    ● Kolaborasi penelitian dan publikasi internasional seperti Joint research/publication dengan PT luar negeri
    ● Memfasilitasi dosen melakukan penelitian di laboratorium lembaga lain yang memiliki fasilitas yang lebih memadai melalui skema kerjasama
    ● Pengembangan pembelajaran berbasis riset (laboratorium)
    ● Pengembangan dan penguatan partisipasi dalam konsorsium keilmuan prodi
    ● Pengembangan dan penguatan kelompok penelitian dosen dan mahasiswa
    ● Koordinasi coaching clinic penelitian dan memberikan dan mendorong Dosen untuk pengajuan proposal melalui hibah DIKTI ataupun PNBP.
    8
    Pengabdian kepada Masyarakat
    ● Mendorong dosen memaksimalkan potensi bantuan dana pengabdian dari pihak-pihak terkait
    ● Mengadakan kerjasama dengan pihak terkait untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat
    Luaran
    ● Peningkatan jumlah dan kualitas promosi dan publikasi
    ● pelibatan industri dalam pengembangan produk dan solusi teknologi oleh mahasiswa/lulusan