No | Nama | Tanggung Jawab |
---|---|---|
1 | Muhammad Syamsu Iqbal, ST., MT., Ph.D. (Dekan) | Bertanggung jawab dalam penyusunan laporan |
2 | Prof. Sugiman, ST., M.Sc., Ph.D. (Wakil Dekan I) |
|
3 | I Kade Wiratama, ST., M.Sc., Ph.D. (Wakil II) | Memberikan masukan tentang keadaan UPPS terkait administrasi dan keuangan |
4 | Agustono Setiawan, ST., M.Sc. (Wakil Dekan III) | Memberikan masukan tentang keadaan UPPS terkait kemahasiswaan dan kerjasama UPPS |
5 | Dra. Tita (Kabag TU) | Mengkoordinir dan memberikan layanan terkait sarana dan fasilitas yang dimiliki UPPS |
6 | Sudi Mariyanto Al Sasongko, ST., MT (Ketua GPM) |
|
7 | Royana Afwani, ST., MT. (Ketua UPM) |
|
8 | Prof. Dr.Eng. I Gede Pasek Suta Wijaya, ST., MT. (Ketua PSTI) |
|
9 | Dr. Ario Yudo Husodo, ST., MT (Dosen PSTI) | Menyusun laporan evaluasi diri kriteria C.1 – C.4 |
10 | Ida Bagus Ketut Widiartha, ST., MT., Ph.D (Dosen PSTI) | Menyusun laporan evaluasi diri kriteria C.5 – C.9 |
No | Kegiatan | Februari | Maret | April | Mei | Juni | Juli | Agustus | September |
1 | Penetapan Tim Penyusun LED | ||||||||
2 | Penyusunan jadwal | ||||||||
3 | Pembagian kerja yang meliputi Pengelola data, analis, dan penjamin mutu | ||||||||
4 | Pengumpulan dan analisis data | ||||||||
5 | Penulisan LED | ||||||||
6 | Sosialisasi untuk menjaring masukan dan memastikan penerimaan stakeholder | ||||||||
7 | Submit dokumen Akreditasi |
Visi | Misi | Kesesuaian | |
---|---|---|---|
Universitas Mataram | Menjadi pusat keunggulan riset dan daya saing global pada tahun 2025 | Membentang jauh ke depan, merangkul riset berkualitas tinggi, dan pendidikan berstandar internasional | Mendukung pencapaian keunggulan akademik dan riset Unram |
Fakultas Teknik Universitas Mataram | Menjadi yang terbaik dalam pendidikan dan pengembangan teknologi berbasis riset dan inovasi yang berdaya saing internasional pada tahun 2025 | Menghasilkan lulusan yang unggul dengan pengetahuan mendalam, beriman, bertaqwa, berwawasan global. | Berperan penting dalam mencapai visi unggulan Unram |
Standar Pendidikan Tinggi Unram | Strategi Pencapaian Standar | Sumber Daya | Mekanisme Kontrol |
Dosen sebagai Pendidik | Add New | Add New | Dosen sebagai Pendidik |
a) Dosen memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi pendidik. |
| · Dosen · Anggaran | Mengontrol pada sistem PD Dikti Laporan Kemajuan perkuliahan untuk dosen studi lanjut S3 |
b) Dosen program sarjana harus berkualifikasi akademik minimal lulusan magister (S2) |
| · Dosen · Beasiswa · Bantuan Dana internal | Mengontrol melalui data |
c) Kompetensi dosen dinyatakan dengan sertifikat dosen, dan/atau sertifikat profesi. |
| Dosen | Mengontrol melalui sistem sister |
d) Jumlah dosen tetap untuk setiap program studi paling sedikit 5 (enam) orang |
| Dosen | Mengontrol melalui data PD Dikti |
e) Nisbah dosen dan mahasiswa |
| · Dosen · Mahasiswa | Mengontrol melalui data PD Dikti |
f) Dosen tetap wajib melaksanakan tridharma perguruan tinggi | Melaksanakan sosialisasi dan pelatihan tentang tridharma PT | · Dosen · Pimpinan · LPPM | Mengontrol pada sistem sister dan Laporan LKD |
Dosen sebagai peneliti | Add New | Dosen sebagai peneliti | Add New |
a) Dosen melakukan penelitian dengan pendanaan oleh Internal maupun eksternal | 1. Penyusunan roadmap penelitian 2. Penyusunan dan sosialisasi panduan pengabdian kepada masyarakat, 3. Membentuk kelompok peneliti sesuai dengan keahlian dan konsentrasi ilmu, 4. Mendorong agar hasil penelitian dapat dipublikasikan pada proceeding, jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi, 5. Mendorong kerjasama dengan pihak lain dalam kegiatan penelitian 6. Melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen. | · Dosen · Anggaran | Mengontrol pada sistem sister dan Laporan LKD |
Dosen sebagai pelaksana PKM | Add New | Add New | Add New |
a) Dosen melakukan PkM dengan pendanaan Internal | · Penyusunan roadmap (rencana strategis) PkM · Penyusunan dan sosialisasi panduan PkM · Mendorong Dosen menyusun proposal Pengabdian setiap tahun · Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan PkM dosen. | · Dosen · Anggaran | Mengontrol pada sistem sister dan Laporan LKD |
b) Dosen melaporkan hasil pengabdian kepada masyarakat | Mendorong Dosen menyusun laporan Pengabdian | · Dosen · Anggaran | Mengontrol pada sistem sister dan Laporan LKD |
Tenaga Kependidikan | Add New | Add New | Add New |
Kualifikasi terendah adalah diploma 3 (tiga) | Memberi kesempatan pada tenaga kependidikan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi | · Tenaga kependidikan | Mengontrol melalui data kepegawaian Universitas |
Tenaga kependidikan harus memiliki kompetensi khusus | Menyelenggarakan pelatihan secara periodik bagi tenaga kependidikan untuk peningkatan kompetensi yang dibutuhkan | · Tenaga Kependidikan · Anggaran | Mengontrol melalui data kepegawaian Universitas |
No | Jabatan Akademik | Penugasan pada Program Studi | Add New | Add New | Add New | Add New | Add New | Add New | Jumlah |
Add New | Add New | MTS | MTI | TS | TE | TM | TI | TA | Add New |
1 | Tenaga Pengajar | 0 | 0 | 2 | 0 | 2 | 1 | 2 | 7 |
2 | Asisten Ahli | 0 | 0 | 1 | 6 | 0 | 11 | 2 | 20 |
3 | Lektor | 0 | 4 | 26 | 21 | 20 | 9 | 1 | 81 |
4 | Lektor Kepala | 5 | 0 | 22 | 10 | 13 | 0 | 2 | 52 |
5 | Guru Besar | 0 | 1 | 4 | 0 | 3 | 1 | 0 | 9 |
Total | 5 | 5 | 55 | 37 | 38 | 22 | 7 | 169 |
No | Penempatan Pegawai | <=SMA | Diploma | S1 | S2 | S3 | Jumlah |
1 | Kabag TU | 1 | 1 | ||||
2 | Subbag Umum dan Sarana Akademik | 14 | 1 | 15 | |||
3 | Subbag Keuangan dan Kepegawaian | 3 | 3 | ||||
4 | Subbag Akademik | 9 | 2 | 18 | 1 | 30 | |
5 | Subbag Alumni dan Kemahasiswaan | 1 | 1 | 2 | |||
Total | 17 | 2 | 24 | 1 | 51 |
No | Penempatan Pegawai | Pangkat/Gol | Add New | Add New | Add New | Add New | Add New | Add New | Add New | Add New | Jumlah |
Add New | Add New | I/d | II/a | II/b | II/d | III/a | III/b | III/c | III/d | IV/a | Add New |
1 | Kabag TU | 1 | 1 | ||||||||
2 | Subbag Umum dan Sarana Akademik | 2 | 1 | 3 | 5 | 1 | 2 | 1 | 15 | ||
3 | Subbag Keuangan dan Kepegawaian | 1 | 2 | 3 | |||||||
4 | Subbag Akademik | 3 | 6 | 9 | 6 | 5 | 1 | 30 | |||
5 | Subbag Alumni dan Kemahasiswaan | 1 | 1 | 2 | |||||||
Total | 2 | 1 | 3 | 8 | 7 | 13 | 6 | 10 | 1 | 51 |
No. | Program Studi | Jenjang | Nilai | No. SK |
1 | Teknik Sipil | S2 | B | 173/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/M/I/2021 |
2 | Teknologi Informasi | S2 | Baik | 2172/SK/BAN-PT/Ak.P/M/VI/2023 |
3 | Teknik Sipil | S1 | B | 1239/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019 |
4 | Teknik Elektro | S1 | B | 265/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/I/2021 |
5 | Teknik Mesin | S1 | B | 5285/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017 |
6 | Teknik Informatika | S1 | B | 1081/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019 |
7 | Teknik Arsitektur | S1 | Baik | 186/SK/BAN-PT/Ak-PKP/S/I/2022 |
No | Indikator | Capaian | Bukti | Keterangan |
1 | Minimal ada kelas yang melaksanakan PBM menggunakan bahasa inggris | Telah terlaksana PBM berbahasa Inggris 1 Kelas mulai semester ganjil 2022/2023 | SK Mengajar dan SK Kelas Internasional | |
2 | Terdapat MOU dengan Mitra Internasional yang ditindak lanjuti | Telah memiliki 2 MoU dengan Kumamoto University (KU) dan Seoul National University (SNU) | 1. KU-UNRAM:
2. SNU-UNRAM:
3. SNU-SR-UNRAM | Tindak lanjut kegiatan:
1. Exchange Student ke KU
2. KKN Internasional dengan SNU
3. Studi Lanjut S-3 |
3 | Penelitian dan pengabdian masyarakat kerja sama internasional secara reguler | Kegiatan Penelitian dan Pengabdian dengan SNU-SR | KKN Internasional Tahun 2018 dan 2022 | Publikasi Bersama dengan Mitra International |
4 | Meningkatnya publikasi internasional dosen dan mahasiswa | Jumlah Publikasi pada Jurnal dan seminar Internasional meningkat sejak 3 tahun terakhir | PENJAMU | Sumber Daya Manusia unram.ac.id | |
5 | Intensitas penyelenggaraan seminar internasional yang meningkat | Setiap Tahun menyelenggarakan Seminar International dengan Skema Kerja sama dan Mandiri | 2021: ICADES
2022: ICETIR, ICST
2022: ICAITI, MIMSE, ICST | |
6 | Dosen berperan aktif sebagai keynote speaker pada seminar internasional | Dosen PSTI terlibat sebagai keynote speaker pada seminar Internasional | PENJAMU | Sumber Daya Manusia (unram.ac.id) | |
7 | Kemampuan bahasa inggris civitas akademika meningkat | Nilai TOEFL menjadi Syarat Yudisium Minimal 400 | SK TOEFL MHS dan TOEFL Dosen | |
8 | Peningkatan akreditasi Jurnal Penelitian | Telah memiliki Jurnal berbahasa inggris Terakreditasi Sinta-3 dan di-upgrade menjadi Jurnal Internasional | JCosine | |
9 | Kegiatan lecturer dan student exchange terselenggara secara reguler | Pelaksanaan Perkuliahan dengan SNU dan exchange Student ke KU | 1. Kuliah Umum SNU
2. Exchange Student | |
10 | Keberadaan dosen yang berperan aktif sebagai reviewer pada seminar dan jurnal internasional. | Dosen PSTI berperan aktif sebagai reviewer dan Mitra Bestari Jurnal International | PENJAMU | Sumber Daya Manusia (unram.ac.id) | |
11 | Akreditasi Internasional | PSTI sedang proses menyiapkan akreditasi ASIIN | SAR ASIIN |
No | Indikator | Base Line | 2020 | 2021 | 2022 | Keterangan | Rencana Tindak Lanjut | |||
Target | Capaian | Target | Capaian | Target | Capaian | |||||
1 | Kelas Berbahasa Inggris | NA | NA | NA | 1 | 0 | 5 | 6 | SK Mengajar dan SK Kelas Internasional | Menambah mata kuliah berbahasa Inggris |
2 | MOU dengan institusi internasional | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 2 | 3 | KU-UNRAM:
SNU-UNRAM:
SNU-SR-UNRAM | Tindak lanjut kegiatan:
Exchange Student ke KU
KKN Internasional dengan SNU
Studi Lanjut S-3 |
3 | Kerjasama Penelitian dan Pengabdian dengan Institusi Internasional | NA | 1 | 1 | 1 | 1 | Publikasi Bersama dengan Mitra International | |||
4 | Publikasi Internasional | NA | 17 | 30 | PENJAMU | Sumber Daya Manusia unram.ac.id | |||||
5 | Penyelenggaraan Seminar Internasional | 1 | ICADES | ICETIR
ICST | ICAITI.
MIMSE,
ICST | |||||
6 | Dosen Menjadi Keynote Speaker dalam Seminar Internasional | 1 | 1 | PENJAMU | Sumber Daya Manusia (unram.ac.id) | ||||||
7 | Kemampuan bahasa inggris civitas akademika meningkat | SK TOEFL MHS dan TOEFL Dosen | ||||||||
8 | Akreditasi Jurnal | 1 | Internationalisasi Journal
J-Cosine
sudah dirintis dengan dengan beberapa artikel berbahsa Inggris | |||||||
9 | Kuliah tamu | 1 | Kuliah Umum SNU | |||||||
10 | Exchange student | 1 | Exchange Student | |||||||
11 | Reviewer pada International Conference | 3 | 4 | 8 | PENJAMU | Sumber Daya Manusia (unram.ac.id) | |||||
12 | Akreditasi Internasional | NA | NA | NA | Persiapan | Persiapan dokumen | Hibah akreditasi | Proposal tersubmit | SAR ASIIN |
Peraturan | Isi Peraturan |
Peraturan Rektor Nomor 1 Tahun 2019 | Penjaringan, Penyaringan, Pengangkatan dan Pemberhentian Ketua dan Sekretaris Jurusan/Bagian tentang Tata Cara Pemilihan dan Pengangkatan Ketua/Sekretaris Program Studi di Lingkungan Unram |
Peraturan Rektor UNRAM No. 1 tahun 2018 | Penjaringan, Penyaringan, Pengangkatan, dan Pemberhentian Wakil Rektor, Dekan, dan Wakil Dekan |
Peraturan Rektor UNRAM No. 5 tahun 2021 | Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan, dan
Pemberhentian Anggota Senat Fakultas
di Lingkungan UNRAM |
Strategi | Rencana Kegiatan | Indikator Capaian | Target |
Penguatan penjaminan mutu fakultas | Reakreditasi BAN-PT program studi | PS memperoleh akreditasi BAN-PT | 3 prodi terakreditasi Unggul,
3 prodi terakreditasi Baik Sekali |
Add New | Akreditasi internasional PS | PS memperoleh akreditasi internasional | 2 PS |
Efektivitas dan efisiensi sosialisasi dan promosi fakultas | Pengembangan materi sosialisasi dan promosi fakultas
(tercetak dan
digital/ audio-visual) | Terwujudnya materi sosialisasi dan promosi | setiap prodi memiliki youtube dan ig yang terupdate (aktif) untuk promosi |
Add New | Sosialisasi dan
promosi fakultas | Terselenggaranya sosialisasi dan promosi | 1 kali pertahun |
Pengembangan
layanan
pendidikan | Penyelanggaraan
program studi S2 | Jumlah prodi S2 yang
beroperasi | 3 prodi |
Pengembangan
pusat studi
fakultas | Pengembangan dan
penguatan pusat studi | Jumlah publikasi
dan/atau kegiatan oleh pusat studi | 1 publikasi per pusat studi |
Efektivitas dan
efisiensi
kepemimpinan
fakultas | Benchmarking
pengelolaan fakultas
dan program studi | Terselenggaranya
benchmarking
pengelolaan fakultas dan prodi | studi banding ke PS terakreditasi internasional |
Peningkatan
kualitas layanan
fakultas | Penyelenggaraan
rapat kerja fakultas | Terselenggaranya rapat kerja fakultas | dilakukan 2 kali per semester |
Peningkatan
kompetensi
bahasa asing | Pelatihan bahasa
asing bagi dosen dan tendik | Jumlah dosen
dan tendik dengan
kemampuan bahasa
internasional dengan
jumlah total pegawai | 80% dosen dan tendik mampu berbahasa asing |
Peningkatan
kompetensi
SDM | Pelatihan dan
pengembangan SDM
tendik | Jumlah tendik yang
mengikuti pelatihan dan pengembangan | 2 orang per tahun |
Add New | Pelatihan dan
pengembangan SDM
dosen dan PLP | Jumlah dosen dan PLP yang mengikuti pelatihan dan pengembangan | 2 orang per tahun |
Implementasi
layanan berbasis
elektronik (e-
services) | Pengembangan
sistem layanan
berbasis elektronik (e-services) | Jenis layanan sistem informasi yang diimplementasikan di PSTI | Layanan ta, pkl, sia, penjamu, surat menyurat diimplementasikan di PSTI |
Add New | Pelatihan manajemen dan operasional layanan berbasis elektronik | Terselenggaranya
pelatihan manajemen dan operasional layanan berbasis elektronik | pelatihan operasional layanan elektronik terselenggara di PSTI |
Hosting dosen
tamu internasional | Penyelenggaraan
kuliah dosen tamu | Jumlah kuliah dosen tamu | 2 kali setahun |
Add New | Penyelenggaraan
konferensi/seminar
internasional | Jumlah konferensi/ seminar internasional | 1 kali setahun |
Tahun Akademik | Daya
Tampung | Jumlah Calon Mahasiswa | Add New | Jumlah Mahasiswa Baru | Add New | Jumlah Mahasiswa Aktif | Add New |
Pendaftar | Lulus
Seleksi | Reguler | Transfer*) | Reguler | Transfer*) | ||
TS – 4 | 90 | 2711 | 99 | 85 | 0 | 299 | 0 |
TS – 3 | 90 | 2817 | 110 | 106 | 0 | 322 | 0 |
TS – 2 | 90 | 2790 | 111 | 103 | 0 | 322 | 0 |
TS – 1 | 150 | 2907 | 155 | 144 | 0 | 370 | 0 |
TS | 150 | 3008 | 177 | 166 | 0 | 514 | 0 |
Jumlah | 570 | 14233 | 652 | 604 | 0 | 1827 | 0 |
No | Program Studi | Tahun | |||||
2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021 | 2022 | ||
1 | Teknik Sipil | 5 | |||||
2 | Teknik Elektro | 0 | |||||
3 | Teknik Mesin | 0 | |||||
4 | Magister Teknik Sipil | 0 | |||||
5 | Teknik Informatika | 2 | 1 | 2 | 1 | 2 | 3 |
6 | Teknik Arsitektur | ||||||
7 | Magister Teknologi Informasi | ||||||
8 | Teknik Industri |
No | Nama dosen | DTPS | Ekuivalen Waktu Mengajar Penuh (EWMP) pada saat TS dalam satuan kredit semester (sks) | Add New | Add New | Add New | SKS Manajemen Add New | Add New | Jumlah SKS | Rata-rata per semester (sks) | EWMP Per Semester (dalam %) | Persentase waktu untuk kegiatan lainnya (dalam %) |
Add New | Add New | Pendidikan : Pembelajaran dan Pembimbingan | Penelitian | PkM | PT Sendiri | PT lain | Add New | Add New | Add New | Add New | ||
Add New | PS yang diakreditasi | PS lain didalam PT | PS lain diluar PT | Add New | Add New | Add New | Add New | |||||
1 | Prof. Dr. Eng. I Gede Pasek Suta Wijaya, ST., MT. | 5 | 2.24 | 5 | 4 | 14 | 7 | 29,2 | 70,8 | |||
2 | Prof. Jun-Seok Hwang | 8 | 8 | 4 | 16,7 | 83,3 | ||||||
3 | Prof. Han SeungHun | 8 | 8 | 4 | 16,7 | 83,3 | ||||||
4 | Andy Hidayat Jatmika, S.T., M.Kom. | 7.5 | 1.79 | 2 | 2 | 1 | 4,2 | 95,8 | ||||
5 | Ramaditia Dwiyansaputra, S.T., M.Eng. | 9.5 | 0.62 | 1.52 | 0 | 0 | 0,0 | 100,0 | ||||
6 | Arik Aranta, S.Kom., M.Kom | 9 | 1.95 | 2.25 | 9 | 4,5 | 18,8 | 81,3 | ||||
7 | Ahmad Zafrullah Mardiansyah, S.T., M.Eng. | 8 | 2.03 | 1.94 | 8 | 4 | 16,7 | 83,3 | ||||
8 | Nadiyasari Agitha, S.Kom., M.MT | 8.97 | 2.27 | 1.44 | 4 | 4 | 2 | 8,3 | 91,7 | |||
9 | Ariyan Zubaidi, S.Kom., M.T. | 10.25 | 2.04 | 2 | 0 | 0 | 0,0 | 100,0 | ||||
10 | Gibran Satya Nugraha, S.Kom., M.Eng | 10 | 1.02 | 0.56 | 10 | 5 | 20,8 | 79,2 | ||||
11 | Dr. Eng. Budi Irmawati, S.Kom., MT. | 9.31 | 1.2 | 1 | 4 | 5 | 2,5 | 10,4 | 89,6 | |||
12 | Dr. Ario Yudo Husodo, ST., MT. | 8.5 | 1.4 | 2 | 3 | 5 | 2,5 | 10,4 | 89,6 | |||
13 | Dr.Eng. I Gde Putu Wirarama Wedashwara Wirawan ST., MT. | 5.5 | 2.94 | 1.81 | 4 | 4 | 2 | 8,3 | 91,7 | |||
14 | Royana Afwani, ST., MT. | 8.5 | 1.59 | 2.5 | 0 | 0 | 0,0 | 100,0 | ||||
15 | Fitri Bimantoro, ST., M.Kom. | 7.25 | 2.58 | 2 | 4 | 6 | 3 | 12,5 | 87,5 | |||
16 | Ari Hernawan, S.Kom., M.Sc. | 10.22 | 0.7 | 1.38 | 0 | 0 | 0,0 | 100,0 | ||||
17 | Ir. Sri Endang Anjarwani, M.Kom. | 10 | 1.25 | 2.25 | 10 | 5 | 20,8 | 79,2 | ||||
18 | Moh. Ali Albar, S.T., M.Eng. | 9.5 | 1.51 | 2.5 | 0 | 0 | 0,0 | 100,0 | ||||
19 | Noor Alamsyah, S.T., M.T. | 10.17 | 1.46 | 0.63 | 0 | 0 | 0,0 | 100,0 | ||||
20 | Heri Wijayanto, S.T., M.T., Ph.D. | 10 | 1.78 | 0.88 | 10 | 5 | 20,8 | 79,2 | ||||
21 | Ida Bagus Widiartha, ST., MT., Ph.D, | 12 | 12 | 6 | 25,0 | 75,0 | ||||||
22 | I Wayan Agus Arimbawa, ST., M.Eng. | 12 | 12 | 6 | 25,0 | 75,0 | ||||||
23 | Raphael Bianco Huwae | 9 | 0.25 | 0.25 | 9 | 4,5 | 18,8 | 81,3 | ||||
24 | Dwi Ratnasari, S.Kom., MT. | 11.06 | 1 | 0.34 | 1 | 0,5 | 2,1 | 97,9 | ||||
25 | I Wayan Sudiartha, B.Sc., M.Sc., Ph.D. | 0 | 0 | 0,0 | 100,0 | |||||||
26 | Dr. Ery Setiawan, ST., MT. | 0 | 0 | 0,0 | 100,0 | |||||||
27 | M. Syamsu Iqbal, ST., MT., Ph.D | 10 | 10 | 5 | 20,8 | 79,2 | ||||||
28 | Dr. Ginarsa, ST., MT. | 0 | 0 | 0,0 | 100,0 | |||||||
29 | Syahrul, ST., M.ASc., Ph.D. | 0 | 0 | 0,0 | 100,0 |
No | Tahun | Jumlah Dosen | Jumlah Mahasiswa | Rasio |
1 | 2020 | 165 | 3370 | 1 : 20,42 |
2 | 2021 | 168 | 3677 | 1 : 21,88 |
3 | 2022 | 191 | 3884 | 1 : 20,33 |
No | Tahun | Jumlah Dosen | Jumlah Mahasiswa | Rasio |
1 | 2020 | 18 | 463 | 1 : 25,72 |
2 | 2021 | 23 | 573 | 1 : 24,91 |
3 | 2022 | 30 | 665 | 1 : 22,17 |
No | Tahun | Tingkatan Jabatan | Jumlah Dosen |
1 | 2021 | Asisten Ahli | 14 |
Lektor | 71 | ||
Lektor Kepala | 47 | ||
Guru Besar | 6 | ||
Dosen baru | 5 | ||
2 | 2022 | Asisten Ahli | 18 |
Lektor | 77 | ||
Lektor Kepala | 47 | ||
Guru Besar | 8 | ||
Dosen baru | 8 |
No | Tahun | Organisasi Profesi | Jumlah |
1 | 2020 | APTIKOM | 5 |
2 | 2021 | IEEE | 2 |
3 | 2022 | Insinyur Indonesia | 1 |
No | Tahun | Sertifikasi Profesi | Jumlah |
1 | 2020 | Microsoft Technology Associate | 5 |
2 | 2021 | Microsoft Certified Fundamentals | 8 |
Huawei Storage | 1 | ||
3 | 2022 | Oracle SQL Database Design | 1 |
Jumlah | 15 |
No | Tahun | Asal Beasiswa | Jumlah Dosen |
1 | 2018 | Dikti, Asia University dan Universitas Indonesia | 2 |
2 | 2019 | ITPP, South Korea | 2 |
3 | 2020 | ITPP, South Korea | 2 |
4 | 2021 | ITPP, South Korea | 2 |
5 | 2022 | LPDP, Kemenkeu,
BPI, Kemendikbud | 2 |
Jumlah | 9 |
No | Tahun | Kegiatan | Tingkat Nasional/Internasional | Jumlah Dosen |
1 | 2020 | International Conference on Advancement in Data Science, E-learning and Information System | Internasional | 1 |
2 | 2021 | Webinar Peran Kompetensi di Bidang TI dalam Meningkatkan Kepariwisataan NTB | Nasional | 1 |
3 | 2022 | International Conference on Computer Vision, High Performance Computing, Smart Devices and Network (CHSN-2022) | Internasional | 1 |
Mandalika International Multi-Conference on Science and Engineering (MIMSE-2022) | Internasional | 1 | ||
Thematic Academy : Pondok Pesantren di Lombok Tengah | Lokal | 9 | ||
Jumlah | 13 |
No | Tahun | Nama Jurnal / Seminar Internasional | Tingkat Nasional/ Internasional | Jumlah Dosen |
1 | 2018 | International Conference on Data and Software Engineering (ICODSE) | Internasional | |
2 | 2019 | |||
3 | 2020 | International Conference on Advancement in Data Science, E-learning and Information System (ICADEIS) | Internasional | 1 |
4 | 2021 | ICETIR | Nasional | 1 |
ICST | Internasional | 1 | ||
5 | 2022 | ICAITI | Internasional | 1 |
MIMSE | Lokal | 9 | ||
ICST | ||||
6 | Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Lontar Komputer | Nasional | 1 | |
Dharmasanti: Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan | Nasional | 1 | ||
International Journal of Technology | Internasional | |||
ICACIS | Internasional | |||
International Workshop on Big Data and Information Security | Internasional | |||
Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) | Nasional | |||
Jumlah |
No | Tahun | Nama Kegiatan | Lembaga/
Industri | Jumlah Dosen |
1 | 2018 | Relawan TIK Indonesia | Kominfo | 3 |
2 | 2019 | Staf Ahli/Narasumber | Diskominfo Kota Mataram | 1 |
3 | 2020 | Fresh Graduate Academy (FGA) | Kemen Kominfo | 12 |
Staf Ahli/Narasumber | Universitas Pertahanan | 1 | ||
Staf Ahli/Narasumber | Universitas Internasional Semen Indonesia | 1 | ||
4 | 2021 | Digital Entrepreneurship Academy (DEA) | Kemen Kominfo | 1 |
. | Staf Ahli/Narasumber | Inovasi NTB | 2 | |
Staf Ahli/Narasumber | Seoul National University | 2 | ||
2022 | Staf Ahli/Narasumber | Telkom | 1 | |
Staf Ahli/Narasumber | Dinas Perindustrian | 1 | ||
Jumlah | 25 |
No | Tahun | Lokal | Nasional | Internasional | Melibatkan Mahasiswa |
1 | 2018 | 0 | 0 | 0 | 0 |
2 | 2019 | 2 | 0 | 1 | 0 |
3 | 2020 | 2 | 3 | 3 | 4 |
4 | 2021 | 9 | 0 | ||
5 | 2022 | 4 | 2 |
No | Tahun | Hasil | Sub Kriteria evaluasi |
1 | 2021 | Sangat Puas | Proses Seleksi, pelaksanaan proses seleksi, penempatan dosen sesuai kulifikasi dan
kompetensi |
Add New | Add New | Puas | Informasi waktu, penilaian proses seleksi, Pembinaan terhadap dosen baru |
2 | 2022 | Sangat Puas | Penempatan dosen sesuai kualifikasi dan
kompetensi |
Add New | Add New | Puas | Proses Seleksi, pelaksanaan proses seleksi, Informasi waktu, penilaian proses seleksi, Pembinaan terhadap dosen baru |
No | Tahun | Hasil | Sub Kriteria evaluasi |
1 | 2021 | Sangat Puas | Fasilitas kebutuhan
studi lanjut, fasilitas mengikuti kursus/pelatihan, fasilitas mengikuti seminar/workshop |
Add New | Add New | Puas | Pengembangan sesuai dengan SOP, kesempatan studi banding ke dalam/luar negeri, memfasilitasi pengembangan tim untuk magang/datasering. |
2 | 2022 | Sangat Puas | Fasilitas kebutuhan
studi lanjut, fasilitas mengikuti seminar/workshop |
Add New | Add New | Puas | Pengembangan sesuai dengan SOP, fasilitas mengikuti kursus/pelatihan, kesempatan studi banding ke dalam/luar negeri, memfasilitasi pengembangan tim untuk magang/datasering. |
No | Tahun | Hasil | Sub Kriteria evaluasi |
1 | 2021 | Puas (52%) | Memiliki dan menjalankan rekrutmen, sistem seleksi, orientasi, dan penempatan Tenaga kependidikan (2,95), memiliki dan menjalankan sistem pembinaan pegawai dalam
bentuk pemberian penghargaan dan sanksi (2,775), beban kerja sesuai standar kepegawaian (2,8), menilai dan mengevaluasi kinerja tenaga kependidikan (2,975), melakukan rotasi Tenaga Kependidikan antar unit kerja (2,7), melibatkan tenaga kependidikan dalam pengambilan keputusan penting |
Kurang Puas | Melibatkan tenaga kependidikan dalam
pengambilan keputusan penting, menentukan jenjang karir tenaga kependidikan berdasarkan prestasi kerja, Tenaga Kependidikan mendapatkan layanan dan informasi tentang jenjang karir dan jabatan, Pengelola dan tenaga administrasi bertangung jawab dalam memberikan layanan dan informasi pengembangan karier/jabatan, kesempatan untuk peningkatan jenjang karir dan jabatan tanpa mempertimbangkan SARA dan jenis kelamin, ketepatan jadwal waktu pelayanan terkait layanan pengembangan karier/jabatan. | ||
2 | 2022 | Puas | Memiliki dan menjalankan rekrutmen, sistem seleksi, orientasi, dan penempatan Tenaga kependidikan (3,06), memiliki dan menjalankan sistem pembinaan pegawai dalam bentuk pemberian penghargaan dan sanksi (2,8), beban kerja sesuai standar kepegawaian (3,04), menilai dan mengevaluasi kinerja tenaga kependidikan (3,15), melakukan rotasi Tenaga Kependidikan antar unit kerja (2,7), melibatkan tenaga kependidikan dalam pengambilan keputusan penting, Pengelola dan tenaga administrasi bertangung jawab dalam memberikan layanan dan informasi pengembangan karier/jabatan, kesempatan untuk peningkatan jenjang karir dan jabatan tanpa mempertimbangkan SARA dan jenis kelamin, ketepatan jadwal waktu pelayanan terkait layanan pengembangan karier/jabatan. |
Kurang Puas | Menentukan jenjang karir tenaga kependidikan berdasarkan prestasi kerja, Tenaga Kependidikan mendapatkan layanan dan informasi tentang jenjang karir dan jabatan. |
No | Tahun | Hasil | Sub Kriteria evaluasi |
1 | 2021 | Sangat Puas | Penilaian pimpinan
terhadap pekerjaan yang dilakukan dosen sesuai dengan prinsip edukatif, otentik, objektif,
akuntabel, transparan |
Add New | Add New | Puas | Sistem pembinaan dosen dalam bentuk penghargaan dan sangsi |
2 | 2022 | Sangat Puas | Penilaian pimpinan
terhadap pekerjaan yang dilakukan dosen sesuai dengan prinsip edukatif, otentik, objektif,
akuntabel, transparan |
Add New | Add New | Puas | Sistem pembinaan dosen dalam bentuk penghargaan dan sanksi |
No | Tahun | Hasil | Sub Kriteria evaluasi |
1 | 2021 | Puas (52%) | Memiliki dan menjalankan rekrutmen, sistem seleksi, orientasi, dan penempatan Tenaga kependidikan (2,95), memiliki dan menjalankan sistem pembinaan pegawai dalam
bentuk pemberian penghargaan dan sanksi (2,775), beban kerja sesuai standar kepegawaian (2,8), menilai dan mengevaluasi kinerja tenaga kependidikan (2,975), melakukan rotasi Tenaga Kependidikan antar unit kerja (2,7), melibatkan tenaga kependidikan dalam pengambilan keputusan penting |
Kurang Puas | Melibatkan tenaga kependidikan dalam
pengambilan keputusan penting, menentukan jenjang karir tenaga kependidikan berdasarkan prestasi kerja, Tenaga Kependidikan mendapatkan layanan dan informasi tentang jenjang karir dan jabatan, Pengelola dan tenaga administrasi bertangung jawab dalam memberikan layanan dan informasi pengembangan karier/jabatan, kesempatan untuk peningkatan jenjang karir dan jabatan tanpa mempertimbangkan SARA dan jenis kelamin, ketepatan jadwal waktu pelayanan terkait layanan pengembangan karier/jabatan. | ||
2 | 2022 | Puas | Memiliki dan menjalankan rekrutmen, sistem seleksi, orientasi, dan penempatan Tenaga kependidikan (3,06), memiliki dan menjalankan sistem pembinaan pegawai dalam bentuk pemberian penghargaan dan sanksi (2,8), beban kerja sesuai standar kepegawaian (3,04), menilai dan mengevaluasi kinerja tenaga kependidikan (3,15), melakukan rotasi Tenaga Kependidikan antar unit kerja (2,7), melibatkan tenaga kependidikan dalam pengambilan keputusan penting, Pengelola dan tenaga administrasi bertangung jawab dalam memberikan layanan dan informasi pengembangan karier/jabatan, kesempatan untuk peningkatan jenjang karir dan jabatan tanpa mempertimbangkan SARA dan jenis kelamin, ketepatan jadwal waktu pelayanan terkait layanan pengembangan karier/jabatan. |
Kurang Puas | Menentukan jenjang karir tenaga kependidikan berdasarkan prestasi kerja, Tenaga Kependidikan mendapatkan layanan dan informasi tentang jenjang karir dan jabatan. |
No | Tahun | Hasil | Sub Kriteria evaluasi |
1 | 2021 | Kurang Puas | Tenaga Kependidikan mendapatkan fasilitas untuk studi lanjut seperti perijinan, pemenuan syarat studi, bantuan pembiayaan sebagian/keseluruhan, mendapat fasilitas pengembangan diri untuk mengikuti kursus/pelatihan sesuai dengan yang dibutuhkan terkait tupoksi, Tenaga kependidikan mendapatkan fasilitas pengembangan diri mengikuti magang, Tenaga kependidikan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti studi banding dalam negeri dan atau luar negeri, Pengelola di Unit Kerja, memberikan informasi dengan tepat waktu terkait pengebangan diri bergelar/studi lanjut, Pengelola di Unit Kerja, memberikan pelayanan secaa bertanggungjawab dan disiplin terkait pengembangan diri bergelar/studi lanjut, maupun tidak bergelar, tenaga kependidikan mendapatkan pelayanan yang sopan dan ramah dari pengelola terkait pengembangan diri bergelar/studi lanjut maupun tidak bergelar. |
2 | 2022 | Puas | Mendapatkan pelayanan yang sopan dan ramah dari pengelola terkait pengembangan diri bergelar/studi lanjut maupun tidak bergelar. |
Add New | Add New | Kurang Puas | Tenaga Kependidikan mendapatkan fasilitas untuk studi lanjut seperti perijinan, pemenuan syarat studi, bantuan pembiayaan sebagian/keseluruhan, mendapat fasilitas pengembangan diri untuk mengikuti kursus/pelatihan sesuai dengan yang dibutuhkan terkait tupoksi, Tenaga kependidikan mendapatkan fasilitas pengembangan diri mengikuti magang, Tenaga kependidikan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti studi banding dalam negeri dan atau luar negeri, Pengelola di Unit Kerja, memberikan informasi dengan tepat waktu terkait pengebangan diri bergelar/studi lanjut, Pengelola di Unit Kerja, memberikan pelayanan secaa bertanggungjawab dan disiplin terkait pengembangan diri bergelar/studi lanjut, maupun tidak bergelar. |
No | Sumber Pembiayaan | Jumlah Judul | Add New | Add New | Jumlah |
Add New | Add New | TS-2 | TS-1 | TS | Add New |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 |
1 | Perguruan Tinggi | 5 | 5 | 8 | 18 |
2 | Mandiri | 0 | 1 | 0 | 1 |
3. | Lembaga dalam negeri (di luar PT) | 0 | 3 | 4 | 7 |
4 | Lembaga luar negeri | 0 | 0 | 0 | 0 |
Jumlah | 5 | 9 | 12 | 26 |
No | Metode Publikasi | Jumlah Judul | Add New | Add New | Jumlah |
Add New | Add New | TS-2 | TS-1 | TS | Add New |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 |
1 | Jurnal Nasional tidak terakreditasi | 32 | 12 | 2 | 46 |
2 | Jurnal Nasional terakreditasi | 16 | 29 | 22 | 67 |
3. | Jurnal Nasional | 0 | 0 | 0 | 0 |
4 | Jurnal Nasional bereputasi | 2 | 1 | 2 | 5 |
5 | Seminar Wilayah / local / perguruan tinggi | 2 | 1 | 2 | 5 |
6 | Seminar Nasional | 8 | 18 | 1 | 27 |
7 | Seminar Internasional | 0 | 2 | 0 | 2 |
8. | Tulisan di media massa wilayah | 0 | 0 | 0 | 0 |
9 | Tulisan di media massa nasional | 0 | 0 | 0 | 0 |
10 | Tulisan di media massa internasional | 0 | 0 | 0 | 0 |
Jumlah | 60 | 64 | 29 | 133 |
No | Uraian Kegiatan | Bulan Ke | Add New | Add New | Add New | Add New | Add New | Add New | Add New | Add New | Add New | Add New | Add New |
Add New | Add New | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 |
1 | Pengumuman pengusulan usulan | ||||||||||||
2 | Pengusulan usulan | ||||||||||||
3 | Penilaian usulan | ||||||||||||
4 | Pengumuman proposal yang | ||||||||||||
5 | Penandatanganan perjanjian pelaksanaan penugasan penelitian | ||||||||||||
6 | Pelaksanaan penelitian | ||||||||||||
7 | Pemantauan dan evaluasi | ||||||||||||
8 | Seminar hasil penelitian | ||||||||||||
9 | Batas akhir penyerahan laporan penelitian |
No | Target Pelacakan | Aspek |
1 | Lulusan
(30 butir) | 1. Status Pekerjaan 2. Masa Tunggu Mendapat Pekerjaan, 3. Posisi/jabatan 4. Tingkat Penghasilan 5.Tingkat Perusahaan Tempat Bekerja (lokal/nasional/multinasional) 6. Kesesuaian Bidang Pekerjaan, 7. Pembelajaran yang Mendukung Pekerjaan 8. Sertifikat Kompetensi yang Dimiliki, 9. Tingkat Kompetensi yang Dikuasai 10. Tingkat Kompetensi yang Dibutuhkan dalam pekerjaan |
2 | Pengguna Lulusan
(8 butir) | 1. Sikap/etika Lulusan di Tempat Bekerja 2. Keahlian Lulusan Berdasarkan Bidang Ilmunya 3. Kemampuan Berbahasa Asing 4. Kemampuan Penggunaan Teknologi Informasi 5. Kemampuan Berkomunikasi, 6. Kemampuan Kerjasama, 7. Kemampuan Pengembangan Diri, 8. Kesiapan terjun di masyarakat |
No. | Tahun Lulus | Jumlah Lulusan | Indeks Prestasi Kumulatif | Add New | Add New |
Add New | Add New | Add New | Min. | Rata-rata | Maks |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 |
1 | TS-2 | 66 | 2,67 | 3,31 | 3,9 |
2 | TS-1 | 35 | 2,59 | 3,32 | 3,95 |
3 | TS | 92 | 2,77 | 3,46 | 3,95 |
Tahun Masuk | Jml Mhs Diterima | Jumlah Mahasiswa yang lulus pada akhir | Jml Lulusan s.d. Akhir
TS | Rata- rata Masa Studi | Jumlah mhs. Yang masih
aktif | ||||||
Add New | TS-6 | TS-5 | TS-4 | TS-3 | TS-2 | TS-1 | TS | Add New | Add New | Add New | |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | |
TS-6 | 89 | 10 | 27 | 10 | 18 | 65 | 5 th 2 bln | 2 | |||
TS-5 | 92 | 2 | 29 | 17 | 48 | 4 th 10 bln | 22 | ||||
TS-4 | 99 | 5 | 28 | 33 | 4 th 6 bln | 53 | |||||
TS-3 | 106 | 7 | 7 | 4 th 0 bln | 79 |
No | Jenis Kemampuan | Tingkat KepuasanPengguna (%) | Add New | Add New | Add New | Rencana Tindak Lanjut oleh UPPS/PS |
Add New | Add New | Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | Add New |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
1 | Kerjasama Tim | 64.10 | 35.90 | 0 | 0 | Penugasan kuliah secara team/kelompok terutama untuk project akhir mata kuliah di PSTI
Mendorong mahasiswa untuk aktif pada himpunan ataupun organisasi lainnya yang membawa manfaat serta pendampingan oleh tim TKK (Tim Pembina Kemahasiswaan) |
2 | Keahlian di bidang TI | 74.36 | 25.64 | 0 | 0 | Perkuliahan dengan menggunakan tools-tools di bidang TIK (Office, Git, dan sebagainya) |
3 | Kemampuan berbahasa asing
(Inggris) | 33.33 | 38.46 | 0 | 28.21 | PSTI memberikan motivasi bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing dan bagi para dosen dihimbau memberikan perkuliahan ataupun sumber materi dari sumber berbahasa asing.
PSTI Memberikan pembekalan bahasa asing bagi mahasiswa dengan diadakannya kelas-kelas (perkuliahan) internasional.
PSTI menetapkan standar lulusan salah satunya indikator nilai TOEFL |
4 | Kemampuan berkomunikasi | 56.41 | 43.59 | 0 | 0 | Penugasan kuliah secara team/kelompok terutama untuk project akhir mata kuliah di PSTI
Mendorong mahasiswa untuk aktif pada himpunan ataupun organisasi lainnya yang membawa manfaat serta pendampingan oleh tim TKK (Tim Pembina Kemahasiswaan) |
5 | Pengembangan diri | 71.79 | 28.21 | 0 | 0 | Persyaratan dari prodi untuk memiliki minimal satu sertifikat kompetensi keahlian
Terbukanya kesempatan MBKM ataupun magang di tingkat nasional ataupun internasional (pertukaran mahasiswa) |
6 | Kepemimpinan | 41.03 | 51.28 | 0 | 7.69 | Penugasan kuliah secara team/kelompok terutama untuk project akhir mata kuliah di PSTI
Mendorong mahasiswa untuk aktif pada himpunan ataupun organisasi lainnya yang membawa manfaat serta pendampingan oleh tim TKK (Tim Pembina Kemahasiswaan) |
7 | Etos Kerja | 43.59 | 53.85 | 0 | 2.56 | Terbukanya kesempatan MBKM ataupun magang di tingkat nasional ataupun internasional (pertukaran mahasiswa)
Perkuliahan yang aktif dan pemberian tugas dalam bentuk latihan-latihan ataupun project besar yang harus diselesaikan sengan baik dalam satu waktu tertentu |
Jumlah |
Tahun Lulus | Jumlah Lulusan | Jumlah Lulusan yang Terlacak | Rata- rata Waktu Tunggu (Bulan) |
1 | 2 | 3 | 4 |
TS-4 | 54 | 35 | 2,7 |
TS-3 | 82 | 40 | 2,125 |
TS-2 | 66 | 50 | 5 |
Jumlah | 202 | 125 | 3.275 |
Tahun Lulus | Jumlah Lulusan | Jumlah Lulusan yang Terlacak | Profesi kerja bidang Infokom | Profesi kerja bidang NON
Infokom | Lingkup tempat kerja | Add New | Add New |
Add New | Add New | Add New | Add New | Add New | Multinasiona/ Internasional | Nasional | Wirausaha |
TS-4 | 54 | 34 | 21 | 13 | 1 | 8 | 23 |
TS-3 | 82 | 32 | 24 | 8 | 1 | 13 | 14 |
TS-2 | 66 | 46 | 36 | 10 | 0 | 15 | 25 |
Jumlah |
No. | Nama DTPR | Jumlah Publikasi bertema INFOKOM | Jumlah Penelitian bertema INFOKOM | Jumlah Penelitian bertema INFOKOM yang mendapat HKI | Jumlah PkM bertema INFOKOM yang diadopsi masyarakat | Jumlah PkM bertema INFOKOM yang mendapat HKI |
1 | Prof. Dr. Eng. I Gede Pasek Sutawijaya, ST., MT. | 51 | 8 | 2 | 5 | |
2 | Prof. Jun-Seok Hwang | |||||
3 | Prof. Han SeungHun | |||||
4 | Andy Hidayat Jatmika, S.T., M.Kom. | 43 | 7 | 4 | ||
5 | Ramaditia Dwiyansaputra, S.T., M.Eng. | 13 | 2 | 1 | 1 | |
6 | Arik Aranta, S.Kom., M.Kom | 24 | 7 | 5 | ||
7 | Ahmad Zafrullah Mardiansyah, S.T., M.Eng. | 21 | 3 | 2 | ||
8 | Nadiyasari Agitha, S.Kom., M.MT | 31 | 10 | 1 | 4 | |
9 | Ariyan Zubaidi, S.Kom., M.T. | 40 | 3 | 3 | ||
10 | Gibran Satya Nugraha, S.Kom., M.Eng | 21 | 2 | 5 | ||
11 | Dr. Eng. Budi Irmawati, S.Kom., MT. | 22 | 2 | 4 | ||
12 | Dr. Ario Yudo Husodo, ST., MT. | 25 | 2 | 1 | 5 | |
13 | Dr.Eng. I Gde Putu Wirarama Wedashwara Wirawan ST., MT. | 56 | 14 | 4 | ||
14 | Royana Afwani, ST., MT. | 29 | 10 | 2 | 3 | |
15 | Fitri Bimantoro, ST., M.Kom. | 68 | 4 | 1 | 6 | |
16 | Ari Hernawan, S.Kom., M.Sc. | 11 | 2 | |||
17 | Ir. Sri Endang Anjarwani, M.Kom. | 20 | 2 | 1 | 3 | |
18 | Moh. Ali Albar, S.T., M.Eng. | 26 | 22 | 3 | ||
19 | Noor Alamsyah, S.T., M.T. | 5 | 2 | 1 | ||
20 | Heri Wijayanto, S.T., M.T., Ph.D. | 13 | 1 | |||
21 | Ida Bagus Widiartha, ST., MT., Ph.D, | 5 | 4 | 2 | ||
22 | I Wayan Agus Arimbawa, ST., M.Eng. | 16 | 2 | 1 | ||
23 | Raphael Bianco Huwae | 1 | 1 | |||
24 | Dwi Ratnasari, S.Kom., MT. | 5 | ||||
25 | I Wayan Sudiartha, B.Sc., M.Sc., Ph.D. | |||||
26 | Dr. Ery Setiawan, ST., MT., | |||||
27 | M. Syamsu Iqbal, ST., MT., Ph.D | |||||
28 | Dr. Ginarsa, ST., MT. | |||||
29 | Syahrul, ST., Ms.C., Ph.D | |||||
Jumlah |
No | Prestasi | Jumlah |
1 | Regional | 2 (5.71%) |
2 | Nasional | 23 (65.71%) |
3. | International | 7 (20%) |
4. | Dikti | 3(8.57%) |
Tahun | Hak Cipta | Melibatkan Mahasiswa |
2018 | 5 | 2 |
2019 | 3 | 2 |
2020 | 1 | 1 |
2021 | 2 | 2 |
2022 | 7 | 3 |
No | Domain | Judul |
1. | Kesehatan | – Pembuatan Sistem Informasi Pemantau Sampel Berbasis Web Di Action Against Stunting Hub Indonesia |
2. | Pendidikan | – Rancangan Course Kolaboratif Dan Edukatif Menggunakan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Blended Learning Serta Pengenalan Hibah Spada Unram Bagi Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram
– Perancangan Dan Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Pada SMPN 2 Kuripan
– Sistem Perpustakaan Desa Bagik Polak Berbasis Website
– Pengenalan Algoritma Pemrograman Menggunakan Aplikasi Scratch Bagi Siswa SD 13 Mataram |
3. | Keuangan | – Analisis Usability Pada Aplikasi Klik Sppt Lombok Utara Pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lombok Utara (Bapenda Klu)
– Sistem Informasi Desa Untuk Manajemen Data Covid 19 Dan Transparansi Keuangan Dalam Peningkatan Efisiensi Birokrasi Pemerintah Desa Masbagik Selatan |
4. | Struktur | – Sistem Perhitungan Struktur Bangunan Berbasis Web Pada PT. Invest Indonesian Islands |
5. | Perkantoran dan tatakelola | – Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Pengarsipan Surat Dinas Perdagangan Provinsi NTB
– Sistem Informasi Surat Elektronik Untuk Akademik UIN Mataram (Dengan Python Django Framework)
– Sistem Informarsi Pesan Antar Koleksi Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Propinsi Nusa Tenggara Barat Berbasis Website Responsive
– Sistem Informasi Gofoodies Lombok Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel dan Bootstrap
– Sistem Informasi Sertifikasi Badan Usaha Dan Tenaga Kerja Pada Lembaga Pengembangan Jasa Konstuksi Provinsi Nusa Tenggara Barat
– Sistem Informasi Pengaduan Layanan Pada BPKAD Provinsi Nusa Tenggara Barat Berbasis Web
– Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Praktek Kerja Lapangan Berbasis Web Untuk Meningkatkan Layanan Administratif Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram Di Era Pandemi Covid-19 |
6. | Networking | – Pemasangan Perangkat Penguat Daya GSM Di Jalur Menuju Air Terjun Segenter Lombok Barat
– Implementasi Security Information And Event Management (SIEM) Pada Aplikasi Sms Center Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat
– Analisis Jaringan Komputer Local Area Network (LAN) Di Rumah Sakit UNRAM |
INTERNAL FACTORS | Add New |
STRENGTHS + | WEAKNESSES – |
1. Visi Misi yang Relevan: Visi dan misi program studi yang kuat dan jelas, sejalan dengan perkembangan industri dan teknologi serta integritas nilai keagamaan. 2. Efektivitas Tata Pamong: Struktur organisasi yang terstruktur dan efektif, didukung oleh mekanisme evaluasi dan peningkatan yang adaptif. 3. Kualitas Mahasiswa: Partisipasi aktif dan dukungan fasilitas akademik yang memadai, serta program pengembangan diri untuk menghasilkan lulusan siap industri. 4. Dosen Berkualitas: Dosen berkualitas dan berpengalaman dengan dukungan pelatihan dan pengembangan kontinu. 5. Pengelolaan Keuangan Transparan: Pengelolaan keuangan yang transparan dan efektif, didukung oleh alokasi dana yang memadai untuk pengembangan. 6. Kurikulum yang Relevan: Kurikulum berbasis KKNI dan OBE, mengintegrasikan praktik industri dan teknologi terbaru. 7. Prestasi Penelitian: Keberhasilan dalam publikasi dan penelitian, serta keterlibatan dalam proyek riset nasional dan internasional. 8. Program Pengabdian yang Berdampak: Peningkatan pengabdian kepada masyarakat melalui program-program yang relevan dan solusi berkelanjutan. 9. Luaran Berkualitas: Lulusan berkualitas dengan prestasi akademik yang membanggakan, serta dampak nyata terhadap masyarakat melalui inovasi dan penelitian. | 1. Visi Misi Tidak Optimal: Kesesuaian visi misi dengan perkembangan industri dan teknologi belum dioptimalkan, mengakibatkan potensi kurangnya relevansi. 2. Tata Kelola Tidak Sempurna: Mekanisme evaluasi dan peningkatan tata kelola belum mencapai tingkat optimal dalam mengatasi perubahan regulasi dan tuntutan. 3. Program Pengembangan Mahasiswa Terbatas: Kurangnya program pengembangan diri yang terstruktur dan komprehensif untuk mahasiswa, serta keterbatasan dukungan dan fasilitas. 4. Keterbatasan Dosen Berpendidikan Tinggi: Meskipun jumlah dosen berkualitas tinggi, kekurangan dosen berpendidikan doktor dalam mendukung pengajaran dan penelitian. 5. Alokasi Dana Kurang Optimal: Pengalokasian dana belum sepenuhnya efisien dan optimal untuk mendukung pengembangan program studi. 6. Kurikulum Tidak Selaras dengan Teknologi Terbaru: Kurikulum belum sepenuhnya mengintegrasikan teknologi terbaru dan kebutuhan industri, berpotensi mengurangi kualitas lulusan. 7. Keterbatasan Riset dan Penelitian: Keterbatasan sumber daya dan dana untuk penelitian yang lebih luas dan berdampak. 8. Program Pengabdian Terbatas: Program pengabdian kepada masyarakat masih terbatas dalam cakupan dan jumlah. 9. Promosi dan Publikasi Kurang Optimal: Kurangnya promosi dan publikasi terhadap hasil inovasi dan penelitian kepada masyarakat, menghambat dampak yang lebih luas. |
EXTERNAL FACTORS | Add New |
OPPORTUNITIES + | THREATS – |
1. Peningkatan Permintaan Profesi Teknik Informatika: Visi program studi yang mengarah pada pengembangan teknologi berbasis riset dan inovasi menciptakan peluang untuk merespon meningkatnya permintaan terhadap lulusan dengan keterampilan teknik informatika yang unggul. 2. Peningkatan Tata Kelola: Peluang untuk mengadopsi praktik tata kelola terbaru dan inovatif, meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan. 3. Pengembangan Mahasiswa Lebih Komprehensif: Dukungan terhadap program pengembangan diri yang lebih komprehensif, menciptakan lulusan yang lebih siap untuk menghadapi tuntutan industri. 4. Penghadiran Tenaga Pengajar Tamu: Peluang untuk menghadirkan tenaga pengajar tamu yang ahli di bidang teknologi informatika, meningkatkan variasi pengalaman pembelajaran. 5. Pendanaan Eksternal: Potensi untuk mendapatkan pendanaan eksternal melalui kerja sama riset dan proyek dengan industri, memperluas sumber pendanaan. 6. Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran: Peluang untuk mengintegrasikan teknologi terbaru dalam proses pembelajaran, meningkatkan kualitas dan keterlibatan mahasiswa. 7. Partisipasi dalam Riset Nasional dan Internasional: Peluang untuk berpartisipasi dalam proyek penelitian berskala nasional dan internasional, meningkatkan reputasi dan dampak penelitian. 8. Peningkatan Program Pengabdian: Potensi untuk meningkatkan jumlah program pengabdian kepada masyarakat, memberikan solusi nyata terhadap berbagai masalah sosial. 9. Kolaborasi Industri: Peluang untuk menjalin kolaborasi yang lebih erat dengan industri dan perusahaan dalam mengembangkan solusi teknologi informatika yang inovatif. | 1. Ketidaksesuaian dengan Perkembangan Teknologi: Tantangan dalam menjaga kesesuaian visi misi dengan perkembangan teknologi yang cepat dan dinamis, mengancam relevansi program studi. 2. Keterbatasan Tata Kelola: Ancaman dari perubahan regulasi dan tuntutan tata kelola yang lebih ketat, menghambat efisiensi dan efektivitas tata kelola. 3. Keterbatasan Program Pengembangan Mahasiswa: Tantangan dalam mengatasi tingkat absensi rendah dan tingkat putus sekolah, mengancam kualitas lulusan. 4. Keterbatasan Dosen Berkualitas: Ancaman dari kekurangan dosen berpendidikan doktor dalam mendukung pengajaran dan penelitian, mengurangi kualitas akademik. 5. Pengalokasian Dana Tidak Efisien: Tantangan dari fluktuasi anggaran pendidikan yang dapat mengurangi dana untuk pengembangan program studi. 6. Kurikulum yang Tidak Optimal: Kurikulum belum sepenuhnya mengintegrasikan teknologi terbaru dan kebutuhan industri, mengancam kualitas lulusan. 7. Keterbatasan Riset dan Penelitian: Ancaman dari keterbatasan sumber daya dan dana untuk penelitian yang lebih luas dan berdampak. 8. Program Pengabdian yang Terbatas: Ancaman dari program pengabdian kepada masyarakat yang masih terbatas dalam cakupan dan jumlah, mengurangi dampak yang dihasilkan. 9. Kurangnya Promosi dan Publikasi Berdampak Negatif: Kekurangan promosi dan publikasi terhadap hasil inovasi dan penelitian yang berdampak, dapat menghambat pengaruh program studi secara keseluruhan. |
No | Kriteria | Program pengembangan |
1 | Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi | ● Meningkatkan peran GPM dan UPM dalam melakukan pemantauan, evaluasi, dan tindak lanjut terhadap pelaksanaan strategi pencapaian tujuan dan sasaran mutu ● Monitoring dan evaluasi ketercapaian visi dan misi secara konsisten mengacu pada renstra yang telah ditetapkan oleh UPPS ● Monitoring dan evaluasi kesesuaian VMTS terhadap perkembangan industry dan teknologi dan kebutuhan pengguna yang dilakukan secara berkala dengan melibatkan pengguna, serta stakeholder internal dan eksternal ● Upaya memperbanyak bentuk Kerjasama dan berkolaborasi dengan industry pengguna lulusan. ● penguatan hubungan dengan lulusan melalui Ikatan alumni untuk memperkuat jejaring dengan industry, serta untuk peningkatan mutu Pendidikan di PSTI dan UPPS |
2 | Tata Pamong, Tata Kelola, dan
Kerjasama | ● Monitoring dan evaluasi secara berkala terhadap kebijakan dan prosedur yang ditetapkan oleh UPPS ● peningkatan jumlah serta kualitas pengguna lulusan dengan bidang yang sesuai ● peningkatan kompetensi GPM UPPS |
3 | Mahasiswa | ● Meningkatkan kegiatan program pengembangan diri dibidang pengembangan kompetensi, minat dan bakat untuk seluruh mahasiswa. ● Peningkatan dukungan dan fasilitas kepada mahasiswa yang berkegiatan di luar akademik. |
4 | Sumber Daya
Manusia | ● Percepatan peningkatan Jabatan fungsional dosen ● Peningkatan keterampilan dosen melalui pelatihan AA dan PEKERTI ● Memberikan dukungan dana kepada Dosen dan tendik untuk studi lanjut ● Upgrade knowledge untuk dosen dan tendik |
5 | Keuangan, Sarana, dan
Prasarana | ● Peningkatan pendapatan UPPS dan PSTI melalui pembuatan unit generating revenue ● mendorong dosen untuk aktif mengajukan proposal hibah penelitian dan peengabdian kepada Masyarakat kompetitif dikti/nasional/internasional ● evaluasi roadmap pengembangan sarana dan prasaran UPPS dan PSTI (serta memberikan prioritas) ● monev sarana prasarana secara berkala |
6 | Pendidikan | ● Pemantauan, evaluasi dan tindak lanjut terhadap implementasi kurikulum dalam proses pembelajaran. ● Menyusun pedoman pengelolaan pembelajaran yang sesuai IKU dan IKT ● Melibatkan praktisi dalam kegiatan belajar mengajar ● Dalam menerapkan OBE, kasus yang diberikan harus mengikuti perkembangan industry dan IPTEK |
7 | Penelitian | ● Kolaborasi penelitian dan publikasi internasional seperti Joint research/publication dengan PT luar negeri ● Memfasilitasi dosen melakukan penelitian di laboratorium lembaga lain yang memiliki fasilitas yang lebih memadai melalui skema kerjasama ● Pengembangan pembelajaran berbasis riset (laboratorium) ● Pengembangan dan penguatan partisipasi dalam konsorsium keilmuan prodi ● Pengembangan dan penguatan kelompok penelitian dosen dan mahasiswa ● Koordinasi coaching clinic penelitian dan memberikan dan mendorong Dosen untuk pengajuan proposal melalui hibah DIKTI ataupun PNBP. |
8 | Pengabdian kepada
Masyarakat |
● Mendorong dosen memaksimalkan potensi bantuan dana pengabdian dari pihak-pihak terkait ● Mengadakan kerjasama dengan pihak terkait untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat |
Luaran | ● Peningkatan jumlah dan kualitas promosi dan publikasi ● pelibatan industri dalam pengembangan produk dan solusi teknologi oleh mahasiswa/lulusan |
2020 © INFORMATIKA UNRAM. ALL RIGHTS RESERVED