PSTI bekerja sama dengan Telkom University mengadakan acara The 2nd International Conference on Advancement in Data Science, e-Learning and Information System (ICADEIS)

 

International Conference on Advancement in Data Science, e-Learning and Information System (ICADEIS) merupakan forum internasional dalam berbagi pengetahuan dan hasil dalam teori, metodologi, dan aplikasi komputer terutama dibidang data science, e-learning, dan informasi. Tujuan dari konferensi ini adalah untuk menyediakan platform bagi para peneliti dan praktisi baik dari akademisi maupun industri untuk bertemu dan berbagi perkembangan mutakhir terhadap teknologi saat ini.

ICADEIS dipelopori oleh Universitas Telkom dalam penyelenggarannya dan tahun 2020 merupakan tahun kedua pelaksanaan ICADEIS. Tahun ini, Universitas Telkom menggandeng Universitas Mataram atau lebih tepatnya Program Studi Teknik Informatika sebagai partner dalam penyelenggaraan ICADEIS. Selain itu, Universitas Telkom bekerjasama dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dalam pelaksanaan ICEE milik Untirta.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, dikarenakan dalam masa pandemi, ICADEIS dilaksanakan online melalui platform Cisco Webex. ICADEIS dilaksanakan dalam waktu 1 hari yaitu tanggal 20 Oktober 2020. Acara awal adalah pembukaan yang dihadiri oleh 3 universitas, yaitu Universitas Telkom, Universitas Mataram dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dalam acara pembukaan, ketiga Rektor Universitas masing-masing memberikan sambutannya. Untuk Universitas Telkom dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa diwakili oleh rektor masing-masing, sedangkan Universitas Mataram, di wakilkan oleh Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi, Bapak Yusron Saadi, ST., M.Sc., Ph.d. Dalam acara pembukaan terdapat plenary session yang dihadiri oleh tiga keynote speaker dari 3 negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Korea Selatan. Mereka adalah Prof. Richardus Eko Indrajit dari APTIKOM Indonesia, A.Prof. Dr. Nurfadhlina Mohd Syaref dari Universiti Putra Malaysia dan Prof. Jun Seok Hwang dari Seoul National University Korea Selatan.

Setelah plenary session oleh Keynote speaker berlangsung, para peserta dibagi menjadi 2 room untuk melakukan sesi paralel. Pada sesi parallel, Prodi Teknik Informatika berhasil medapatkan Best Paper dan Best Presenter. Best Paper dimenangkan oleh Bapak Prof. Dr. Eng. I Gede Pasek Suta Wijaya, ST., MT dan Bapak Dr. Eng. I Gde Putu Wirarama, ST., MT, sedangkan untuk best presenter dimenangkan oleh ibu Dr.Eng. Budi Irmawati, S.Kom., MT. Selamat kepada Bapak dan Ibu dari Prodi Teknik Informatika. Semoga dengan kemenangan ini dapat membawa nama harum prodi Teknik Informatika di kancah internasional dan terus mendukung kemajuan Unram.

Leave a Comment

Your email address will not be published.